7 Bahan Alami Penghilang Jerawat

Menghilangkan jerawat tak hanya harus menggunakan cream mahal yang dijual di apotik. Ada banyak bahan alami di sekitar kita yang bisa dimanfaatkan untuk menghilangkan jerawat. Akan tetapi salah satu hal yang penting Anda ketahui bahwa bahan alami tersebut bekerja secara bertahap dan berlahan-lahan, tidak seperti kosmetik kimia yang bekerja dengan cepat dan instan. 

Oleh karena itu, Anda harus sabar dan telaten menggunakan bahan alami tersebut. Harus rutin digunakan, karena mungkin hasilnya baru akan terlihat setelah berminggu-minggu atau bulanan. Berikut ini beberapa bahan alami yang bisa digunakan untuk menghilangkan jerawat atau menghilangkan bekas jerawat seperti luka dan noda yang menghitam: 

1. Masker madu dan kayu manis 

Kayu manis bersifat panas dan sangat baik untuk membunuh bakteri yang ada dalam jerawat. Oleh karena itu, masker kayu manis yang dicampur dengan beberapa tetes madu banyak digunakan orang untuk menghilangkan jerawat. 

2. Bengkoang 

Bengkoang bagus digunakan untuk menghilangkan noda bekas jerawat yang biasanya kehitaman. Bengkoang yang dibuat sebagai masker secara alami dapat digunakan untuk memutihkan dan menghaluskan kulit wajah. 

3. Jeruk nipis dan madu 

Jeruk nipis juga bisa digunakan untuk mencegah dan menyembuhkan jerawat. Minyak berlebihan yang ada di wajah menjadi penyebab terjadinya jerawat di wajah Anda. Dengan menggunakan jeruk nipis secara perlahan-lahan lemak akan hilang dari wajah dan mampu mengusir jerawat yang tumbuh. Untuk hasil yang maksimal ditambahkan dengan madu yang juga memiliki khasiat yang sangat bagus untuk wajah. 

4. Kulit pisang 

Jika makan pisang jangan dibuang kulitnya karena ternyata kulit pisang memiliki khasiat menghilangkan peradangan seperti jerawat yang ada di wajah. Oleskan kulit pisang ke bagian kulit wajah untuk membantu meredakan jerawat yang ada di wajah Anda. 

5. Lemon 

Lemon juga menjadi salah satu bahan alami yang bisa digunakan untuk menghilangkan jerawat. Caranya cukup mudah, dengan membuat pasta lemon dengan air tawar. Oleskan ke wajah seperti penggunaan masker pada umumnya lalu bersihkan setelah Anda merasakan wajah Anda lebih dingin dan segar. Lakukan secara rutin untuk mendapatkan khasiat yang maksimal. 

6. Bawang putih 

Bawang putih bersifat antibakteri sehingga banyak digunakan orang untuk menyembukan peradangan luka yang disebabkan oleh jerawat. Bahkan bawang putih juga banyak digunakan orang untuk menghilangkan bekas jerawat yang menghitam. 

7. Lidah buaya 

Lendir lidah buaya yang dingin juga bisa digunakan untuk menghilangkan jerawat. Selain itu wajah juga akan menjadi lebih segar dan bersih dengan rutin menggunakan lendir lidah buaya untuk wajah. 

Masih banyak lagi bahan alami yang dipakai orang untuk menghilangkan jerawat seperti tomat, timun, madu, minyak zaitun dan sebagainya. Semua penggunaan bahan-bahan alami itu bekerja secara bertahap sehingga memang Anda harus menggunakannya secara telaten dan tidak bisa mendapatkan hasil yang instan.