6 Rahasia Sukses Karir dan Kerja

Merasa jenuh dengan karir dan pekerjaan yang Anda jalani? Mungkin karena interaksi Anda yang kurang baik dengan rekanan, bisa jadi itu menjadi alasan terbesar Anda untuk berhenti dari karir atau resign dari pekerjaan. Tetapi mungkin Anda melihat orang-orang yang bisa bertahan dengan karir dan pekerjaan mereka di tengah sulitnya kondisi. 

Mereka tetap sabar, dan akhirnya memang tak jarang yang sukses. Ada orang yang tak pernah bisa bekerja pada orang lain. Solusinya mungkin dengan berbinisnis sendiri. Tapi ada juga memang orang yang gagal dalam karir dan kerja karena manajemen dirinya yang buruk. Untuk menjadi pribadi yang sukses dalam karir dan kerja, ada beberapa hal yang harus Anda miliki: 

1. Sabar dan ulet 

Tidak bisa tidak, mereka yang sukses adalah mereka yang sabar dan ulet dengan hal-hal kecil sebagai persiapan karir dan kerjanya. Orang yang mengerjakan suatu tugas dengan amat cermat dan bersabar dengan segala cemoohan, tekanan, kesulitan dan sebagainya. Dalam karir dan pekerjaan semua itu ada. Siapa yang bisa bertahan dan mengerjakannya, dialah yang akan sukses. Itulah yang dikatakan proses, proses kita menuju tangga sukses. 

2. Menghargai orang lain 

Mereka yang sukses adalah mereka yang menghargai kesuksesan orang lain. Jangan mimpi akan sukses dan karir kalau Anda selalu menjadi pribadi yang meremehkan orang lain. Jika Anda menghargai orang lain, orang-orang akan mendoakan dan membantu Anda untuk sukses. Sebaliknya jika Anda buruk bersikap dengan kesuksesan orang lain, maka doa dan sikap orang lain akan buruk pada Anda. 

3. Konsisten dengan cara 

Cara yang baik yang sudah Anda lakukan dalam menyiapkan kesuksesan kerja dan karir mesti dipertahankan dan konsisten dilakukan. Jangan merubah-rubah gaya karena tidak percaya diri. Anda bisa merubah gaya namun harus lebih baik dari sebelumnya. Itupun Anda tetap harus konsisten. Ada banyak orang yang bisa melakukan cara yang baik untuk sukses, namun sedikit dari mereka yang bisa bertahan dengan cara itu. Berpindah-pindah cara akan membuat Anda lebih lama untuk sukses. 

4. Memulai dari yang sederhana 

Tidak ada kesuksesan karir atau pekerjaan yang terjadi secara tiba-tiba. Semua terjadi secara bertahap. Jangan malu memulai dari yang sederhana, sebab itulah kunci kesuksesan matang Anda. Jika Anda memulai dari hal yang sederhana, maka disana lah Anda akan merasakan kedewasaan sukses dalam karir atau kerja. Sebaliknya jika semua terjadi secara tiba-tiba, Anda tidak akan pernah siap untuk jatuh. Efeknya tentu untuk diri Anda secara langsung. Itulah nanti yang akan menyebabkan orang stress dan sebagainya. 

5. Menebar kebaikan pada orang lain untuk kebaikan diri sendiri 

Jika kita berbuat baik pada orang lain, itu sejatinya kebaikan baik untuk diri kita sendiri. Jika Anda ingin diberi kebaikan dalam karir dan pekerjaan, maka perbanyak lah berbuat baik kepada orang lain. Kebaikan Anda itu nantinya akan berbalas dengan kebaikan berlipat-lipat yang Anda rasakan. Orang yang jarang melakukan kebaikan pada orang lain, diapun akan jarang juga mendapat kebaikan hidup. 

6. Banyak membantu orang lain 

Jika Anda ingin dibantu oleh Tuhan, maka bantulah orang lain. Kesuksesan karir dan pekerjaan Anda itu tidak akan pernah terjadi kalau Tuhan tidak berkehendak. Sekuat apapun usaha yang Anda lakukan untuk sukses, kalau Anda tidak merayu Tuhan untuk kesuksesan Anda tersebut, akan sulit meraihnya. Kalau pun dapat biasanya tidak berkah dan tidak bermanfaat. Jadi, banyak lah membantu orang lain jika kita ingin banyak dibantu Tuhan. 

Jangan pernah mengeluh dengan proses, jalani saja dengan kesabaran. Anggap saja apa yang terjadi sebagai proses pembelajaran untuk kita. Semakin banyak pembelajaran semakin pintar kita dalam hidup. Semakin banyak tantangan, semakin kuat kita nanti ketika sudah berada di puncak kesuksesan.