3 Bahan Alami Penurun Kolesterol

Hidangan di hari lebaran pada umumnya adalah makanan yang banyak mengandung lemak dan kolesterol. Perhatikan jumlah makanan yang masuk, dan pastikan kamu mengkonsumsi aneka bahan alami untuk mencegah peningkatan kolesterol dalam tubuh. 

Menurunkan kolesterol dalam tubuh akan lebih baik jika kamu lakukan dengan makanan-makanan alami, bukan dengan obat. Sebab di dalam makanan itu sendiri sebenarnya ada obat. Makanan bisa menjadi racun apabila dikonsumsi dalam jumlah yang berlebihan. 

Buat kamu yang memang sudah memiliki kolesterol tinggi, cegah kolesterol dengan mengkonsumsi beberapa jenis makanan alami berikut ini: 

1. Lemon 

Inilah buah ampuh yang mampu menangkal kolesterol dalam tubuh. Di musim lebaran pastikan buah ini tersedia di kulkas rumahmu. Jadikan buah ini sebagai makanan harian dengan mengolahnya. Bisa diminum dengan air hangat dan madu di pagi hari, dijadikan campuran masakan atau dibuat minuman. 

2. Minyak zaitun 

Jika ingin makan ayam goreng dengan kolesterol yang rendah, maka gorenglah menggunakan minyak zaitun. Harganya tentu lebih mahal, akan tetapi ini bagus untuk kesehatanmu. Atau jika kamu ingin merasakan khasiat yang lebih banyak lagi dari bahan ini, minumkan 2-3 sendok makan minyak zaitun saat akan tidur di malam hari dan bangun dari tidur di pagi hari. 

3. Brokoli 

Saat menikmati opor ayam atau sejenisnya, jangan lupa hidangkan semangkuk capcai brokoli yang hijau dan segar. Sayur ini bisa membantu mengurangi tumpukan kolesterol dalam tubuh. Kalau kamu bisa menikmatinya dalam bentuk jus akan lebih baik. 

Jangan lupa mengkonsumsi jus buah tanpa gula dan susu, seperti buah tomat, buah apel, buah naga dan sebagainya untuk membantu mengurangi resiko kolesterol yang ada. 

Seimbangkan menu hidangan yang dinikmati, akan lebih baik jika kamu bisa mengkonsumsi sayur dan buah dalam jumlah yang lebih banyak.