Mau Mudik? Yuk Pantau Kemacetan Jalan Tol dengan Aplikasi Ini

foto: tempo.co
Punya rencana mudik ke daerah Jawa lebaran nanti? Di era teknologi yang canggih ini, tak lama lagi akan dirilis sebuah aplikasi yang memungkinkan para pengguna bisa memantau kondisi jalan tol yang akan dilaluinya. 

Apakah dalam kondisi macet atau tidak, dengan demikian para pemudik bisa melakukan perkiraan perjalanan yang lebih efisien. 

Aplikasi tersebut bernama Information Toll (i-Toll). Dengan menggunakan aplikasi ini, kamu akan dipandu menemukan jalan yang relative lebih lancar sehingga terhindar dari kemacetan. 

Aplikasi i-Toll kan mampu mengakses langsung kondisi jalan tol yang terpantau oleh CCTV yang dipasang dibeberapa ruas jalan tol. 

Seperti diketahui, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) sendiri yang merilis aplikasi tersebut untuk membantu kelancaran para pemudik di jalan raya, di musim lebaran dan pada hari-hari biasa. 

"Di ruas jalan tol Jasa Marga, CCTV ada yang dipasang disetiap 1 kilometer, adajuga yang dipasang setiap 500 meter. Kalau di ruas tol Cikopo-Palimanan, CCTV baru belasan, tapi sedang didorong untuk ditambah,"ujar Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Herry Trisaputra Zuna. 

Selain mengetahui informasi kemacetan, aplikasi i-Toll tersebut juga memungkinkan pengguna mengetahui tempat-tempat istirahat terdekat selama mudik, serta mengetahui jarak dan waktu tempuh arah yang akan dituju. 

Herry menambahkan, rencananya aplikasi ini sudah akan dirilis pada pertengahan Juni 2017 atau sebelum memasuki periode mudik, H-7 lebaran. 

Untuk saat ini, aplikasi tersebut hanya dapat diunduh melalui ponsel berbasis android. Jika memungkinkan akan dikembangkan ke iOS.