Ternyata Gagak Selalu Ingat Orang Yang Menyakitinya

Bukan hanya manusia, burung gagak ternyata juga bisa merekam kesalahan orang yang diperlakukan padanya. Selama ini jika menyebut burung gagak, orang akan berpikir tentang pertanda buruk. Namun apakah burung ini boleh disakiti? 

Tentu tidak bukan, jika kamu menyakiti burung tersebut, maka bersiaplah wajahmu akan selalu diingat oleh gagak sebagai sosok yang pernah melakukan kesalahan pada dirinya. Baru-baru ini, sebuah penelitian mengungkap tentang sifat burung gagak tersebut. 

Sebuah penelitian dalam jurnal Animal Behavior mengungkap kemampuan burung gagak mengingat wajah manusia yang telah menyakitinya. Tak hanya itu, burung gagak juga cenderung menghindari manusia yang telah menyakitinya, setidaknya selama sebulan. 

Hal ini seperti dikutip dari Time Jumat (9/6). Peneliti asal Australia melakukan riset pada sembilan ekor burung gagak yang ditawan. Lalu gagak diharuskan menukar roti guna mendapatkan keju. Akan tetapi, sebagian peneliti tidak melakukannya dan justru malah memakan keju di depan gagak. 

Setelah itu yang terjadi adalah, ditemukan gagak lebih cenderung bekerja bersama orang-orang yang tidak menipu mereka. 

“Hasil penelitian kami telah menunjukkan gagak dapat mengingat, mereka berinteraksi dengan orang-orang yang mau bekerjasama dengan baik terhadap mereka" kata studi yang tercantum dalam jurnal. Hal tersebut menjelaskan bila gagak memiliki beragam mekanisme kognitif yang canggih untuk mengatur ingatan.