Persiapan Rumah Untuk Lebaran

foto: newteknoes.com
Lebaran tak lama lagi. Salah satu hal penting yang banyak dipersiapkan orang jelang lebaran adalah soal penataan rumah. Pada saat lebaran, rumah menjadi objek yang cukup penting menjadi perhatian orang saat berkunjung. 

Selain sajian hidangan makanan, suasana rumah biasanya akan memberikan kesan bagi masing-masing pengunjung. Rumah yang asri, indah dan bersih akan membuat para tamu betah berlama-lama. Sebaliknya, jika rumah tidak tertata atau kotor maka biasanya orang akan membicarakannya setelah usai berkunjung. Tetapi rumah yang indah saja kurang berarti jika sajian hidangan menu lebaran tidak special. 

Jadi, jelang lebaran tiba, setidaknya dua hal penting yang perlu dipersiapkan dari rumah, yakni menu lebaran dan tatan rumah yang apik. Berikut ini penjelasannya: 

Resep Masakan Khas Lebaran 

foto: resephariini.com
Apa yang akan kamu sajikan di meja tamu saat lebaran tiba? Apakah kamu sudah bosan dengan aneka kue mentega? Ya, kebanyakan orang saat berkunjung di hari lebaran tak akan memperhatikan hidangan kue-kue mentega. Yang dicari biasanya adalah resep masakan khas lebaran di daerah bersangkutan. 

Misalnya saat berkunjung ke Kabupaten Bengkalis, Riau, makanan yang khas terhidang di meja tamu adalah aneka ketupat, mulai dari ketupat tradisional, ketupat mini, hingga sejenis lontong yang dipadukan dengan hidang gulai ayam atau daging, atau rendang daging. Bila berkunjung di setiap rumah, kita hampir menemukan makanan ini. 

Di setiap daerah biasanya memiliki hidangan yang khas pada saat lebaran. Kalau kamu masih bingung memilih resep masakan khas lebaran di meja tamu rumahmu, berikut ini ada beberapa pilhan resep menu masakan yang bisa kamu coba: 

1. Ketupat kuah gulai ayam kampung 

Menu ini cukup sederhana cara membuatnya, rasanya cukup nikmat terlebih jika kamu punya resep gulai yang khas. Untuk penyajian sebaiknya tambahkan timun atau acar buah. Menu ini juga cocok menjadi menu keluarga di hari pertama lebaran. 

Aneka gulai, rendang, opor, taucho putih, gulai kuning, kari dan sebagainya dari daging sapi, ayam atau kambing juga bisa kamu jadikan sebagai menu special di hari lebaran. 

2. Asinan bogor 

Jika cuaca di hari lebaran cukup terik atau panas, kamu bisa menyajikan menu asinan bogor yang segar dan sehat. 

Asinan bogor terbuat dari campuran aneka buah yang dipotong-potong, lalu dimasukkan pada kuah asinan dari bahan asam jawa, sedikit terasi, bawang putih, merah, jeruk nipis dan didinginkan pada kulkas. 

Tambahkan kacang tanah yang sudah digoreng. Rasanya benar-benar segar dan mengobati dahaga. Aneka menu gulai yang kaya kolesterol dan lemak bisa kamu atasi dengan hidangan ini. 

3. Roti jala atau canai 

Jika kamu suka makanan ringan tapi tetap mengenyangkan, roti jala kuah durian atau kari bisa kamu jadikan sebagai menu hidangan untuk para tamu di hari lebaran. Atau juga roti canai yang bisa kamu pesan. Roti canai usahakan yang dibuat asli resep dari Malaysia. Tepungnya lebuh lembut dan lentur, tidak keras setelah dingin. Kuahnya juga lebih special. Untuk roti jala secara praktis juga bisa kamu pesan ditukang kue tanpa harus repot. 

4. Aneka soto dan miso 

Jenis makanan ini bisa kamu jadikan sebagai menu khas di hari lebaran jika kamu punya resep khusus sendiri yang khas. Dan tentunya juga tergantung pada jumlah tamu yang hadir. Rombongan tamu khusus bisa kamu jamu dengan menu makanan sedang tapi mengenyangkan tersebut. 

Tips Menata Rumah untuk Open House Lebaran 

foto:homeedit.com
Buat keluarga besar yang sudah cukup dikenal di suatu kampung halaman, tatanan rumah saat lebaran menjadi hal yang penting kamu perhatikan. Mengingat biasanya setiap anggota keluarga memiliki tamu masing-masing. 

Jika memungkinkan, ada baiknya kamu mengatur rumah sesuai dengan tamu yang hadir. Misalnya di ruang depan khusus untuk tamu orang tua yang hadir, di ruang samping untuk tamu remaja dari anak remaja yang ada di rumah, serta bagian ruangan lain disediakan untuk anak-anak yang berkunjung. Baik mereka berkunjung sendiri ataupun ikut bersama orang tua. 

Dengan demikian, dari segi hidangan makanan pun bisa dibedakan. Misalnya jenis makanan untuk anak-anak sebaiknya tidak disuguhkan pada orang tua, demikian sebaliknya. Sehingga ruangan tetap terjaga kebersihan dan kerapihannya, tamu-tamu yang datang sendirian pun tetap khidmat dalam silaturahim. 

Bagaimana cara menghadirkan suasana baru tatanan rumah pada saat open house? Berikut diantaranya: 

1. Merubah cat rumah, ini jika kamu punya anggaran lebih untuk lebaran. 

2. Merubah tata letak furniture ruangan, menguranginya jika terlalu banyak 

3. Mengganti aksesoris ruangan, misalnya kain jendela, alas meja atau barang-barang kecil lainnya yang biasa ada di ruangan. 

4. Mengganti karpet ruangan 

5. Mengganti bentuk meja hidangan makanan yang ada di ruangan. 

6. Menambahkan kesan lighting pada ruangan, seperti cahaya dan sejenisnya. Hal paling penting adalah soal kerapihan dan kebersihan ruangan tempat open house berlangsung. 

Jika kamu menyediakan makanan berat, maka sediakan ruang khusus yang berbeda dari ruang tamu pada umumnya. Selamat menata rumah dengan suasana yang berbeda.