Tips Mudik Lebaran Saat Menjalankan Puasa

Bepergian jauh saat menjalankan ibadah puasa memang hal yang sangat sulit bagi sebagian orang. Terlebih lagi untuk mereka yang sering mabuk kendaraan, saat-saat mudik di bulan puasa adalah hal yang membuat sedikit rasa trauma. Bagaimana agar mudik Anda tahun ini bisa dijalankan dengan segar dan tanpa masalah? Berikut ini beberapa tips yang bisa dilakukan: 

1. Bisa memilih dua waktu untuk mudik, yakni setelah subuh untuk lokasi mudik yang jauh dan sore hari kira-kira waktu berbuka Anda sudah tiba di lokasi, ini jika tujuan mudik Anda tidak jauh. Bila Anda termasuk yang sering mengalami demam perjalanan seperti buang air, mabuk, mual dan sebagainya, maka hindarkan bepergian di pagi hari karena biasanya akan semakin rentan. 

2. Sewaktu sahur sebaiknya Anda mengkonsumsi makanan yang mengandung gizi yang tinggi, mengandung kadar air yang cukup dan bila perlu minumlah madu sebagai nutrisi energy di siang hari. 

3. Bila Anda mudik dengan kendaraan sendiri, hindarkan bepergian di waktu cuaca panas terik, karena ini akan membuat Anda semakin letih saat perjalanan.

 4. Anda bisa membawa pebukaan untuk antisipasi tidak menemukan tempat jual makanan pada saat berbuka. 

5. Bawa obat-obatan yang cukup untuk mengantisipasi terjadi hal yang tak diinginkan. 

6. Sebaiknya menggunakan kendaraan yang menggunakan AC untuk mengurangi dehidrasi yang mungkin terjadi. 

Hati-hati barang bawaan Anda jangan sampai hilang. Jika naik kendaraan umum harus selalu waspada karena saat Anda mengantuk dan lalai bisa jadi barang bawaan Anda dicopet orang. Pastikan selama perjalanan Anda benar-benar aman sehingga bisa selamat sampai tujuan dan berhari raya dengan bahagia bersama keluarga.