Cara Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Kesehatan merupakan harta yang paling berharga menuju kepada kehidupan yang bahagia. Bagaimana tidak, jika sakit tentu saja semua aktivitas menuju hidup bahagia tidak dapat kita dapatkan. Demikian dengan penyakit darah tinggi, penyakit ini menajdi awal penyakit lainnya seperti stroke, serangan jantung, dan  penyakit kardiovaskular.

Obat-obatan tentu saja menjadi andalan untuk menurunkan tekanan darah tinggi. Namun ada cara sederhana yang bisa dilakukan untuk mengontrol dan menurunkan penykit yang menyerang 1 dari setiap 3 orang dewasa ini. Berikut ini metode yang bisa dilakukan untuk mencegah dan melawan hipertensi.

Olahraga
Gaya hidup sehat dengan menjadi cara yang paling efektif untuk menurunkan tekanan darah tinggi. Dengan berolahraga 30-60 menit sehari dapat menurunkan tekanan darah sebesar 4-9 mmHg. Pasien hipertensi memang harus banyak melibatkan aktivitas fisik untuk pemulihan.
Hal ini sebenarnya juga berlaku untuk pasien prehipertensi demi menghindari terjadinya hipertensi. Olahraga juga dapat membantu mengurangi berat badan, di mana berat badan berlebih sering dikaitkan dengan tekanan darah tinggi.

Jauhi alkohol
Baik penderita maupun tidak harus menjauhi alkohol yang akan memperbesar risiko terjadinya hipertensi. Tidak hanya hipertensi, berbagai jenis penykit bisa terjadi jika sering mengkonsumsi minuman ini.

Menurunkan berat badan
Kegemukan menjadi salah satu penyebab terjadinya hipertensi. Menurunkan  beberapa kilogram saja sudah dapat menurunkan tekanan darah yang tinggi. Pinggang adalah indikator yang baik terhadap berat badan. Bertambahnya ukuran lingkar pinggang bisa menjadi alarm akan datangnya hipertensi.
Pada orang yang kelebihan berat badan atau obesitas, semakin banyak berat badannya berkurang, maka tekanan darah juga akan ikut berkurang. Untuk mewujudkannya bisa dilakukan dengan pola makan sehat, diet, ataupun berolahraga.

Mengurangi asupan sodium (natrium)
Mengurangi asupan natrium bisa membantu menurunkan tekanan darah. Umumnya, natrium dikaitkan dengan makanan yang tinggi garam, walaupun terkadang keduanya tidak selalu berjalan berdampingan. Garam yang biasa kita kenal terdiri dari 40 persen natrium, dan sisanya adalah ion klorida.

Agar kesehatan tubuh selalu terjaga dan terhindar dari naiknya tekanan darah, asupan natrium yang direkomendasikan adalah 2300 miligram atau kurang. Bagi orang-orang yang berusia lebih dari 51 tahun keatas, asupan harian yang direkomendasikan adalah 1500 gram atau kurang.

Hindari stres
Stres merupakan faktor penting dari beberapa penyakit dan juga sering dikaitkan dengan tekanan darah tinggi. Kecemasan dan stres dapat menyebabkan naiknya tekanan darah walau sifatnya hanya sementara. Maka dari itu, usahakan jangan sampai stres.

Untuk mengatasi stres bisa kita lakukan dengan sering melakukan latihan pernapasan. kegiatan ini merupakan salah satu cara terbaik untuk mengatasi stres dan dapat mengurangi risiko hipertensi. Pasien dengan tekanan darah tinggi sangat disarankan untuk mencari bantuan dari seorang konselor profesional.

Nah mencegah tentu saja lebih mudah dibanding mengobati. Lakukanlah tips menurunkan darah tinggi diatas, dan raih kesehatan yang maksimal.