Khasiat Bumbu Dapur untuk Kesehatan

Bumbu dapur biasanya hanya digunakan unruk membuat cita rasa masakan menjadi lebih nikmat. Ternyata selain berfungsi memperenak makanan, bumbu dapur juga mempunyai fungsi kesehatan bagi tubuh.  Berikut ini bumbu dapur yang berkhasiat untuk kesehatan tubuh kita dan mudah untuk ditemukan.

1. Daun seledri
Daun seledri yang biasanya untuk memperwangi sup dan masakan lainnya ternyata juga berfungsi meningkatkan daya tahan tubuh. Selain itu Seledri juga bermanfaat mencegah serangan jantung. Daun seledri diperkaya dengan vitamin A dan C,  daun ini mampu menjaga sistem kardiovaskuler di dalam tubuh. Manfaat lain daun ini adalah mampu menyembuhkan infeksi saluran kencing. Bau mulut juga bisa teratasi denganrutin  mengunyah daun seledri ini.

2. Daun mint
Daun Mint berfungsi mengatasi masalah pencernaan dan meredakan sakit perut. Daun ini memang sejak dulu digunanakan untuk mengatasi masalah pencernaan seperti sembelit, diare, buang gas terus menerus, serta infeksi perut. Sebenarya masih banyak khasiat lain daun mint lainnya. Jika dicampur dengan minuman, daun mint bisa mengobati demam, sakit tenggorokan sinus serta infeksi pernafasan. Fungsi lainnya adalah dapat meringankan sakit kepala, sakit otot atau sakit gigi.

3. Jahe
Jahe punya manfaat untuk mengatasi problem pada perut dan pencernaan. Pada sebagian penelitian, ia juga dapat membantu mengurangi pembengkakan dan arthritis. Cara jahe mengendalikan rasa mual di perut adalah dengan mengontrol syaraf yang menyebabkan mual. Dengan hasil yang cukup instant, Anda akan merasa perut lebih hangat dan nyaman. Selain itu, jahe juga ampuh untuk mengurangi sakit kepala yang disebabkan oleh migrain.

4. Kunyit
Khasiat kunyit cukup banyak, selain memberikan manfaat sebagai obat anti kanker, kunyit juga berfungsi sebagai anti bakteri yang dapat membantu mengatasi problem pada perut. Kunyit ini biasanya digunakan sebagai bumbu kare, yang akan memberikan warna kuning pada masakan. Namun, tidak pernah diragukan bahwa ia dapat membantu mengatasi kanker. Inilah sebabnya wanita jaman dulu juga rajin mengonsumsi kunyit untuk mengurangi perkembangan sel kanker di tubuhnya. Ada beragam kanker yang bereaksi terhadap konsumsi kunyit, di antaranya kanker kulit, kanker usus serta kanker payudara.

5. Kayu manis
Kayu manis sangat berkhasiat untuk penderita diabetes. Bumbu dapur yang satu ini bermanfaat menyeimbangkan gula darah dalam tubuh. Kayu manis juga berfungsi memaksimalkan proses penyembuhan bagi penderita diabetes. Meskipun tidak instan, namun dengan konsumsi dan  kayu manis ini dapat membantu penderita diabetes. Kandungan anti peradangan dan anti bakterinya efektif memerangi bakteri
E.coli dan bakteri lainnya. Selain diabetes, bumbu dapur yang satu ini juga berkhasiat mengurangi kadar kolesterol yang berlebihan di dalam darah.  Masalah pencernaan, begah perih di perut atau diare tak habis-habis, bisa diatasi dengan  mengonsumsi kayu manis.