PLN Riau Sebut Tak Ada Lagi Pemadaman Listrik

PLN Riau berjanji tak akan ada lagi pemadaman listrik usai tiga gardu listrik diperbaiki. General Manager PLN Wilayah Riau dan Kepulauan Riau (WRKR) Doddy Pangaribuan menegaskan, mulai Kamis (20/2) tidak ada lagi pemadaman dilakukan untuk kota Pekanbaru dan sekitar. Pasalnya kerusakan tiga travo yang terjadi di Gardu Induk (GI) Teluk Lembu sudah diperbaiki dan sudah pula beroperasi. Smentara itu untuk antisipasi di musim kemarau, PLN juga sudah menyiapkan Pembangkit Listrik Tenaga Minyak dan Gas (PLTMG) dengan daya 50 MW. 

‘’Pemadaman yang dilakukan sejak 18 Februari kemarin sudah pulih. Alhamdulillah setelah ini tidak ada lagi gangguan di Gardu Induk Teluk Lembu,’’ kata Doddy yang juga didampingi oleh General Manager PLN Cabang Pekanbaru Agustian kepada Riau Pos usai menyambut kunjungan Wali Kota Pekanbaru Firdaus MT ke Gardu Induk Teluk Lembu, Jalan Tanjung Datuk. Dijelaskannya lagi, kerusakan yang terjadi adalah di gardu induk dengan tiga travo 3x60 Megavolt Ampere (MVA). ‘’Jadi beban kita kalau siang itu yang padam 90 MW, dan malam 120 MW ini yang terpaksa kami padamkan,’’ jelas Doddy lagi. 

Masih menurut Doddy lagi, kerusakan ini terjadi, ada kabel 20 KV yang menghubungkan antara travo dengan penyulang itu terbakar karena beban lebih atau panas. ‘’Jadi insya Allah setelah ini aman,’’ singkatnya. Untuk daerah yang dipadamkan itu, menurut Doddy adalah Pekanbaru bagian Timur. Untuk Pekanbaru wilayah Barat di suplai dari Gardu Induk Garuda Sakti. Sekitar 17 penyulang yang mengalami gangguan. ‘’Jumlah pelanggan yang mengalami gangguan pemadaman ini adalah sekitar 200 ribu pelanggan dari total 500 ribu pelanggan di Pekanbaru sekitar,’’ ujarnya. 

Sementara itu, Wali Kota Pekanbaru Firdaus yang melakukan peninjauan secara langsung dengan melibatkan sejumlah pejabat terasnya, seperti Asisten II HR Dorman Djohan, Kabag Humas Azhariman Rozie, serta sejumlah staf Pemko menyikapi keluhan banyak pelanggan masyarakat kota Pekanbaru, terkait pemadaman bergilir. “Dari informasi PLN pemadaman yang dilakukan karena ada kerusakan di Gardu Induk Teluk Lembu, namun semua sudah diperbaiki,’’ ujar Wako.