Tips Memutihkan Gigi Secara Alami

Gigi yang putih bersih tentu akan menambah kepercayaan diri anda dalam pergaulan. Bagaimana jika gigi anda kuning kering? Pastinya anda akan minder bukan? Selain menyebabkan ganguan pergaulan, gigi kuning juga menandakan bahwa anda memiliki gangguan gusi dan mulut. Jika saat ini anda terlanjur memiliki gigi yang kuning, maka anda perlu terus membaca artikel ini.

Ternyata bahan-bahan alami yang ada di sekitar kita bisa digunakan untuk memutihkan gigi.  Tips berikut ini jika dilakukan secara rutin bisa membantu memutihkan gigi yang kuning.

1. Memutihkan Gigi dengan Memakai Siwak
Siwak atau miswak adalah dan atau akar pohon yang dapat digunakan untuk membersihkan gigi, gusi dan mulut. Sebenarnya cara ini sudah lama dilakukan oleh kaum muslim sejak dulu untuk menjaga kebesihan dan kekuatan  gigi. Semua dahan atau akar pohon sebenarnya bisa digunakan untuk siwak. Asalkan akarnya lembut dan terjaga kebersihannya.

2. Memutihkan Gigi dengan Memakai Arang Kayu
Meski berwarna hitam, arang ternyata bisa digunakan untuk memutihkan gigi. Cara tradisioanal  ini ampuh untuk menghilangkan warna kuning pada gigi anda. Namun anda harus berhati-hati menggunakan arang karena pemakaian yang berlebihan dapat merusak email gigi serta menyebabkan rasa sakit pada gigi.

3. Memutihkan Gigi dengan Kulit Jeruk
Mulai sekarang jangan langsung membuang kulit jeruk ketika selesai membukanya. Karena siapa yang menyangka kulit jeruk ini ternyata bisa memutihkan gigi anda.  Caranya cukup mudah, gunakan bagian dalam kulit jeruk yang berwarna putih untuk menggosok gigi kuning anda.

Jika rutin melakukannya setap hari, gigi akan menjadi putih secara alami dan cepat. Hati-hati bagi anda yang memiliki gigi sensitif, kandungan vitamin C yang terkandung di dalamnya tidak cocok untuk jenis gigi anda.

4. Memutihkan Gigi dengan Strawberi
Selain enak dimakan, strawberi juga berkhasiat untuk memutihkan gigi secara alami. Mengkonsumsi buah-buahan dan sayuran seperti buah strawberry, apel, wortel, dan seledri juga bermanfaat sebagai bahan alami pemutih gigi. Anda tidak perlu membuat ramuan khusus, tinggal dikonsumsi seperti biasa, dan gigi anda akan terlihat sehat dan putih.

5. Memutihkan Gigi dengan Pasta Gigi Alami
Untuk membuat pasta gigi tradisional terlebih dahulu kita sediakan daun salam serta kulit jeruk kemudian jemur keduanya sampai kering. Tumbuk hingga halus lalu tambahkan air dan aduk sampai berbentuk pasta. Gunakan pasta gigi alami yang sudah anda buat untuk menggosok gigi, ramuan ini ampuh membuat gigi terlihat lebih putih.

6. Memutihkan Gigi dengan Lemon dan Garam
Butlah pasta gigi yang dibuat dari bahan alami yaitu dari jus lemon yang ditambah sedikit garam. Pasta gigi alami yang satu ini dipercaya membantu memutihkan gigi Anda. Tapi ingat jangan terlalu sering, karena garam dapat merusak lapisan gigi.

7. Memutihkan gigi dengan baking soda
Tips selanjutnya yaitu menggunakan baking soda. Baking soda mampu menghilangkan noda-noda yang ada pada gigi, namun jika terlalu sering digunakan baking soda justru akan merusak lapisan alami gigi oleh karena itu gunakanlah baking soda untuk memutihkan gigi maksimal 1 atau 2 kali dalam sebulan. Memutihkan gigi dengan cara yang satu ini sangatlah mudah. Anda hanya perlu mengoleskan baking soda ke seluruh permukaan gigi dan diamkan selama sekitar 10 menit. Setelah itu sikatlah gigi anda dengan pasta gigi sampai bersih.

8. Memutihkan gigi dengan berhenti merokok
Perlu anda ketahui bahwa yang namanya rokok mengandung tar dan campuran tembakau yang menjadikan gigi Anda berwarna kuning. Jika Anda benar-benar ingin memutihkan gigi maka sebaiknya Anda berhenti merokok mulai dari sekarang. Selain dapat memutihan gigi, merokok juga dapat membuat hidup anda lebih sehat.

9. Memutihkan gigi dengan menggunakan biji buah pinang
Nah cara ini sudah lama digunakan oleh nenek moyang kita. Caranya pun mudah, cukup dengan membakar biji buah pinang hingga hangus lalu dihaluskan hingga lembut. Gosokan biji buah pinang yang telah halus tersebut ke gigi kita dengan menggunakan sabut pinang atau kain katun. Lakukan 2 minggu sekali. Dan tunggu hasilnya.

10. Memutihkan gigi dengan mengonsumsi produk susu
Ternyata beberapa jenis susu memiliki  memiliki kalsium yang tinggi dan baik untuk membantu memutihkan gigi. Jadi perbanyaklah mengonsumsi makanan yang mengandung kalsium tinggi terutama susu.

Nah sangat mudah bukan? Jika salah satu cara diatas anda lakukan secara rutin, maka kebersihan dan kesehatan gigi anda akan terjaga. Semoga  artikel ini menambah pengetahuan anda dan bisa dibagikan untuk keluarga dan sahabat tercinta yang memiliki gangguan pada giginya.