Prediksi Lima Teknologi Tahun 2014

Consumer Electronics Show (CES) merupakan perhelatan teknologi tahunan yang selalu digelar untuk memamerkan produk- produk konsumer elektronik dari vendor- vendor TI besar dunia. Acara ini digelar awal Januari lalu di Las Vegas, Nevada, Amerika Serikat.

Pada ajang ini, masing-masing vendor menunjukan teknologi unggulan mereka. Acara ini juga menjadi tolak ukur perkembangan teknologi terkini dan teknologi apa saja yang bakal ditemui baik di waktu dekat atau di tahun-tahun mendatang. Selain itu CES juga sering dijadikan sebagai tempat meluncurkan produk-produk teknologi baru.

Tren-tren apa saja yang menjadi perhatian tahun ini? Terdapat lima teknologi yang akan berpengaruh terhadap industri teknologi informasi kedepannya. Lima teknologi tersebut  berdasarkan Situs Mashable yakni TV 4K dengan integrasi smartphone beserta antarmuka yang baru, seperti gesture dan eye tracking, wearable gadget, dan 3D printing.

1. Layar 4K
Tahun 2014, Teknologi layar dengan resolusi 4K atau empat kali HD ini akan menjadi semakin matang. Beberapa perusahan besar seperti Samsun dan LG sudah mengumumkan rencana memamerkan produk TV 4K, bahkan yang menggunakan teknologi layar cekung.



Namun yang terpenting juga, selain membuat TV raksasa, para produsen juga harus memikirkan kontennya. Saat ini tren harga jual TV 4K mulai turun, teknologi pendukungnya juga makin siap dengan diperkenalkannya konektor HDMI 2.0 sehingga memungkinkan TV menampilkan resolusi 4K 60 fps.

2. Wearable Gadget
Di tahun 2014 ini teknoogi wearable gadget sudah bisa dinikmati, berkat pesatnya perkembangan teknologi mobile dan bisnis aplikasi. Samsung telah meluncurkan smartwatch Galaxy Gear, dan banyak vendor-vendor lain yang  mengikuti di belakangnya. Akan lebih banyak lagi perangkat dengan aplikasi fitness yang mirip dengan Nike + Fuelband.

 


Selain smartwatch, smart glass juga mencuri perhatian. Google Glass yang menjadi pionir teknologi display yang dipasang di kepala ini bakal mendapatkan pesaing. Bisa jadi mereka bisa menarik minat besar pasar lebih dahulu ketimbang Google.

3. Sensor Biometrik
Teknologi sensor biometrik atau pemindai sidik jari atau mata ini memang sudah lama diperkenalkan. Akan tetapi baru-baru ini saja mulai diintegrasikan ke dalam gadget seperti smartphone.

 

Salah satunya adalah iPhone 5S. Apple menanamkan sensor pemindai sidik jari dalam tombol ponsel pintarnya. Integrasi dengan perangkat tablet juga bakal terjadi sebentar lagi.

Integrasi sensor biometrik tak terbatas pada sensor sidik jari saja, banyak metode biometrik lain yang bisa digunakan. Perangkat bisa menggunakannya sebagai kunci fisik yang memindai anggota tubuh sebagai password.

4. Perangkat Data yang Terhubung Internet
Meskipun sebelumnya sudah diperkenalkan, namun konsep perankat data yang terhubung internet ini diprediksi akan tren tahun 2014 ini. Perusahaan yang menerapkan teknologi diantaranya LG, Philips, dan Samsung yang sudah menanamkan koneksi Internet ke dalam produk-produk home appliances mereka.

 

Aplikasi dan layanan web belakangan ini makin banyak mengandalkan personal data, tren tersebut kini juga diturunkan untuk peralatan rumah tangga dan gadget pribadi. Hardware yang digunakan juga semakin murah.
Konsep tersebut kini juga dibawa ke ranah otomotif. Sistem dashboard mobil juga banyak yang telah terhubung internet. Audi bahkan telah mengumumkan kerja sama dengan Google untuk menghadirkan dashboard mobil masa depan.

5. 3D Printing & Imaging
Teknologi 3D printing atau percetakan tiga dimensi saat ini memang sedang naik. Akan tetapi teknologi menemui kendala berupa mahalnya harga, serta susahnya memotret 3D suatu obyek. 


Lalu perusahaan menciptakan inovasi printer agar kebih murah dan scanner yang mudah digunakan. Pada tahun 2014 ini, diharapkan teknologi 3D printing akan semakin terus berkembang.