Mendagri Sebut Pelantikan Gubri Termegah di Indonesia

Meriahnya momen pelantikan Gubri kontan mendapat tanggapan dari Mendagri. Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Indonesia, Gumawan Fauzi mengakui pelantikan gubernur Riau 2014-2014 menjadi pelantikan termegah yang ia hadiri selama masa jabatannya sebagai Mendagri. Dikatakannya, selain lokasi pelantikan, ramainya masyarakat yang menghadiri juga merupakan hal yang sangat luar biasa. Dikatakan Mendagri, karangan bunga di jalan Sudirman panjangnya lebih dari 1 kilo meter. 

"Kalaulah gedung ini dua kali lipat ukurannya, saya rasa masih belum cukup menampung undangan yang hadir. Saya rasa, ini adalah pelantikan gubernur termegah di Indonesia," ujarnya. Mendagri Gumawan Fauzi dalam sambutannya saat pelantikan gubernur Riau 2014-2019 sempat bercanda menyinggung usia gubernur Riau, Anas Maamun. "Kombinasi ini merupakan kombinasi yang tepat. Pak Anas yang usianya lebih tua dari saya dan punya pengalaman yang banyak, kemudian Pak Andi yang agak lebih muda dan punya wawasan yang luas, akan bisa membangun Riau ke depan," ujarnya. 

Mendagri mengibaratkan, ibarat kelapa, semakin tua santannya atau minyaknya akan semakin bagus. Karena itu, dengan kematangan dan pengalaman yang dimiliki kedua pasangan ini, ia berharap pasangan ini mampu memberikan perubahan yang baik bagi Riau ke depan. Menteri Dalam Negeri mengaku salut dengan keberadaan karangan bunga yang menghiasa seluruh jalanan di kota Pekanbaru memberikan ucapan selamat kepada Gubernur dan wakil Gubernur terpilih. Menurutnya selama melantik Gubernur di Indonesia pelantikan Annas merupakan karangan bunga terpanjang. 

"Ini menurut saya karangan bunga terpanjang yang pernah saya lihat selama melantik Gubernur. Lebih dari satu kilometer, kalaulah dipersiapkan tempat ini dua kali lebih besar saya rasa masih banyak masyarakat yang datang untuk hadir,"ujar Gamawan Fauzi. 

Menurut Gamawan, kehadiran masyarakat dan banyaknya karangan bunga ini merupakan tanda jika Annas Ma'amun adalah pemimpin yang benar-benar disukai rakyatnya. "Bayangkan saja pada pemilihan Gubernur kemarin mencapai 60 persen lebih, mudah-mudahan pasangan ini bisa menjalankan amanah,"jelas Gamawan Fauzi.