Windows 9 Ubah Tampilan Menjadi Normal

Perubahan signifikan dihadirkan Microsoft pada sistem operasi Windows 8 yang pertama kali dirilis pada pertengahan 2012 lalu. Mengusung antarmuka Metro UI, Windows 8 hadir dengan tampilan kotak-kotak (live tiles) yang membuat para pengguna merasa asing. Hasilnya seperti yang telah diduga, adopsi Windows 8 berjalan cukup lambat. Bahkan Microsoft harus mempensiunkan sistem operasi lawas terpopuler di dunia, Windows XP, guna menggenjot tingkat migrasi ke Windows 8. 

Meski kini perlahan-lahan pengguna mulai terbiasa dengan Windows 8, dilaporkan bahwa untuk sistem operasi generasi terbaru berikutnya, Microsoft akan kembali menyajikan tampilan 'normal' dan tidak lagi menggunakan Metro UI bergaya kotak-kotak. 

Dilansir laman The Verge, Rabu (2/7/2014), menurut isu yang beredar luas di kalangan pengembang, kabarnya Microsoft akan kembali menghadirkan tampilan normal seperti pada Windows 7 di sistem operasi anyar Windows 9. Sebelumnya situs teknologi asal China, Win8China, sempat memprediksikan Microsoft akan secara bertahap mempublikasikan preview sistem operasi Windows 9 pada periode Juli hingga Desember 2014. Setelah itu perusahaan yang berbasis di Redmond, California itu akan mulai memasarkannya di awal tahun 2015. 

Hampir senada Win8China, blogger teknologi ternama, Paul Thurrott, juga meyakini Windows 9 akan melenggang di awal tahun 2015 mendatang. Ia menyebutkan bahwa Microsoft akan meluncurkannya pada bulan April 2015. (liputan6)