Ayat Cahyadi Terima Penghargaan Koperasi

Pemerintah Kota Pekanbaru mulai menunjukkan prestasinya di tingkat nasional, salah satunya dari bidang perkoperasian. Pemko Pekanbaru yang diwakili Wakil Wali Kota Pekanbaru Ayat Cahyadi SSi kembali menerima penghargaan Bhakti Koperasi dari Menteri Koperasi dan UMKM RI Syarif Hasan didampingi Ketua Dewan Koperasi Indonesia Nurdin Walid di acara puncak peringatan Hari Koperasi VI di Lapangan Banteng, Medan, Selasa (15/7). 

Penyerahan tersebut juga disaksikan Presiden RI, Susilo Bambang Yudhoyono dan Ibu Ani Yudhoyono serta 130 pembina koperasi se-Indonesia.  ‘’Pemko berterima kasih kepada pemerintah pusat dalam hal ini Menkop UMKM, juga kepada para pegiat koperasi di Pekanbaru. Pertumbuhan koperasi di Pekanbaru sangat baik meski belum semuanya sempurna. Penghargaan ini akan menjadi motivasi Pemko untuk lebih baik lagi ke depannya dan lebih baik lagi dalam program pembinaan koperasi di Kota Pekanbaru,’’ terang Ayat Cahyadi yang didampingi istri Indiarita Ayat, Selasa (15/7) di Medan. Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Pekanbaru Dastrayani Bibra yang turut hadir menyatakan pihaknya sudah memiliki program untuk melakukan pembinaan koperasi ke depan.

 ‘’Kami mendata semua jenis koperasi yang ada di Pekanbaru, baik yang aktif maupun non-aktif. Untuk yang tidak aktif, kami akan inventarisir apa masalahnya. Setelah itu program pembinaan yang diberikan baik dalam bentuk bimbingan manajemen, usaha, maupun permodalan diharapkan dapat kembali mengaktifkan koperasi tersebut,’’ jelas Dastrayani. 

Koperasi menjadi salah satu unit usaha masyarakat yang mampu meningkatkan perekonomian. Khusus di Kota Pekanbaru, saat ini terdapat 954 unit koperasi aktif dengan berbagai bentuk usaha. Jumlah tersebut meningkat dibandingkan tahun sebelumnya di mana koperasi yang ada 800 koperasi.