Tekuk Brasil 3-0, Belanda Raih Posisi Ketiga Piala Dunia

Brasil kembali menelan pil pahit kekalahan yang bertubi-tubi setelah Belanda akhirnya berhasil mengakhiri Piala Dunia 2014 di urutan ketiga. Posisi itu diraih setelah Robin Van Persie dkk mampu menundukkan tuan rumah Brasil dengan skor 3-0 (2-0) pada laga yang dilangsungkan di Estadio Nacional de Brasilia, Minggu (13/7) dini hari WIB. Belanda membuka keunggulan melalui tendangan penalti Van Persie ketika pertandingan baru berjalan tiga menit. Penalti diberikan setelah kapten Thiago Silva menarik Arjen Robben di kotak terlarang. Daley Blind menggandakan keunggulan Belanda lewat sepakan kaki kanannya pada menit ke-17. 

Saat itu, Blind sukses memanfaatkan keteledoran David Luiz ketika menghalau umpan silang dari sisi kanan Belanda. Pesta Belanda disempurnakan lewat gol yang dijaringkan Georginio Wijnaldum pada menit ke-92. Saat itu, Wijnaldum mampu memanfaatkan umpan Daryl Janmaat dari sisi kiri pertahanan Brasil. Hasil itu sekaligus membuat Belanda back to back menekuk Brasil di Piala Dunia. Sebelumnya, Tim Oranye -julukan Belanda- juga mampu menjungkalkan Brasil dengan skor 2-1 pada perempat final Piala Dunia 2010 silam. Namun, pencapaian Belanda menurun dibandingkan empat tahun silam.

 Saat itu, Belanda mampu melangkah ke partai pemungkas sebelum akhirnya ditekuk Spanyol lewat gol tunggal Andreas Iniesta di babak perpanjangan waktu. Di sisi lain, Brasil akhirnya gagal happy ending. Kekalahan itu juga mengubur ambisi Brasil membalaskan dendam atas hasil di Afrika Selatan empat tahun silam. Namun, hasil itu lebih baik dibandingkan torehan di Afsel. Saat itu, Brasil kandas di babak perempat final. Dalam laga itu, Brasil menguasai permainan sebanyak 58 persen. Namun, Silva dkk hanya bisa melepaskan dua shots on goal. Di sisi lain, Belanda yang menguasai ball possession sebanyak 42 persen bisa melepaskan empat shots on goal.