Ini Dia Makanan yang Bisa Mencegah Batu Ginjal





Penyakit ginjal merupakan salah satu penyakit akut yang menakutkan. Pola hidup dan factor makanan menjadi salah satu penyebab penyakit ginjal tersebut. Penyakit ini tak hanya diderita kalangan tua atau dewasa, anak-anak pun memiliki resiko yang sama terkena penyakit ginjal. Oleh sebab itu, perhatikan apa yang Anda makan dan berapa kadarnya. Batu ginjal terbentuk akibat adanya penumpukan mineral dalam urin yang berubah menjadi kristal dan menghambat kerja ginjal menyaring racun. Selain itu, batu ginjal juga menyebabkan rasa nyeri yang cukup hebat. 


Laman Healthy Eating memberikan daftar makanan yang harus Anda konsumsi untuk bisa mengurangi resiko penyakit ginjal, berikut ini beberapa diantaranya: 

Sayur dan buah 

Selain air, sayur dan buah yang banyak mengandung air juga baik dalam menjaga kesehatan ginjal. Beberapa buah yang disarankan adalah anggur, blueberi, juga cranberi. Sedangkan sayuran yang baik untuk ginjal adalah bayam, seledri, bit, kacang panjang, dan asparagus. 

Air 

Berkaitan dengan fungsinya menyaring racun, ginjal butuh asupan air yang banyak untuk membuatnya tetap berfungsi normal. Menjaga tubuh, agar tetap terhidrasi adalah kunci penting menjaga kesehatan ginjal. Air putih, tentu saja adalah opsi terbaik. Namun, jika bosan, bisa diselingi dengan jus buah, wedang jahe, maupun teh. Seringlah memeriksa warna urin Anda, bila berwarna pekat, tandanya tubuh Anda kurang cairan. 

Potasium 

Salah satu tugas ginjal adalah menjaga kadar potasium dalam tubuh. Jadi, agar ginjal tetap terjaga kesehatannya, Anda harus waspada terhadap asupan potasium. Sebab, jika kadar potasium yang masuk ke ginjal terlalu banyak, Anda rentan mendapat stroke, atau serangan jantung. Sebab itu, perbanyak makanan rendah potasium seperti apel, jagung, terong, pir, serta oyong.