Di Singapura Lahirkan Bayi Dapat Bonus

Perdana Menteri (PM) Lee Hsien Loong menerbitkan Skema Bonus Bayi. Program bagi pasangan suami istri yang bersedia mempunyai momongan itu menawarkan berbagai hadiah dan keuntungan bagi si bayi serta orang tua. Bukan hanya suami istri yang belum punya anak, kebijakan baru nan menggiurkan tersebut juga berlaku bagi orang tua yang sudah punya anak. "Ini waktu yang paling tepat bagi rakyat Republik (Singapura) untuk berupaya lebih keras dalam mendapatkan anak," ujar pemimpin 63 tahun itu dalam jumpa pers AHAD (23/8/2015). 

Dalam skema terbarunya tersebut, Lee menggandeng berbagai perusahaan untuk memberikan bonus. Setiap bayi yang baru lahir di Singapura akan langsung memiliki akun Medisave. Secara otomatis, bayi-bayi itu akan memiliki asuransi jiwa MediShield Life tipe premium yang bakal ditanggung pemerintah sampai sang anak berumur 21 tahun. Selain menjamin pendidikan bayi-bayi tersebut, pemerintah memberikan asuransi kesehatan kepada mereka. Terutama menggratiskan vaksinasi. 

Bukan hanya untuk si bayi, Skema Bonus Bayi juga memberikan banyak keuntungan bagi orang tua. Sang ayah, misalnya. Pemerintah akan memberikan izin cuti tambahan seminggu bagi seluruh pegawai sipil (PNS) pria yang istrinya melahirkan. Selama ini, para PNS pria mendapat cuti sepekan untuk menunggui istri mereka yang melahirkan. Kini cuti mereka menjadi dua pekan.