Jalan Agus Salim Pekanbaru Bakal Dibuat Seperti Malioboro

Dalam upaya penataan kota yang lebih tertib, Pemko Pekanbaru berencana membuat kawasan Jalan Agus Salim yang berada di Kecamatan Pekanbaru Kota mirip seperti Malioboro yang ada di Jogja. Hal ini disampaikan Asisten II Sekretariat Kota Pekanbaru Dedi Gusriadi kepada Riaupos.co, Jumat (7/8/2015). Proses menuju perubahan fungsi itu kini sudah berjalan. 

’’Mengenai ganti rugi lahan Jalan Agus sudah kita lakukan, untuk pembangunan fisiknya tahun 2016, jadi kawasan ini bisa nantinya digunakan para pedagang untuk berjualan di malam hari seperti Malioboro," jelas Dedi. 

Seperti diketahui, kini empat ruko yang ada di ruas Jalan Agus Salim sudah menjadi milik Pemko karena sudah diganti rugi. 

’’Ujung Jalan Ahmad Yani akan kita ganti rugi pada tahun 2015 ini,’’ sambungnya. Rencana ini diharapkan nantinya bisa menjadi jalan keluar masalah pedagang di Jalan Agus Salim. 

’’Dahulu kita ada Pasar Inpres, dibuat dua lantai menampung pedagang Agus Salim. Ternyata jumlahnya tak cukup,’’ sebutnya. 

Penanganan pedagang, sambungnya lagi adalah menampung dan membuat tempat yang layak. ’’Pada dasarnya tak mau pindah jauh dari tempatnya. Jadi kalau sudah tertata satu kawasan bisa,’’ tutupnya. 

Mengenai anggaran, perubahan Jalan Agus Salim sudah dianggarkan oleh Pemko Pekanbaru. Bersama enam ruas jalan lainnya, di Jalan Agus Salim akan dibuat pedestrian dengan anggaran Rp15 miliar.