Revolusimental.go.id Jiplak Baracckobama.com?

Ketua Lembaga Riset CISSReC Pratama Persadha mengatakan desain Revolusimental.go.id telah meniru laman baracckobama.com, Jumat (28/8). 

"Pemakaian tema dari Wordpress memiliki risiko yang cukup besar. Hal ini karena banyak orang yang sudah tahu celahnya," katanya dalam siaran pers. 

Menurut dia, jauh lebih baik jika sistem website atau laman dibangun secara mandiri dengan memperhatikan aspek keamanan kode. Sehingga insiden semacam ini tidak terulang kembali. Pratama juga mengusulkan agar instansi pemerintah ataupun swasta rajin melakukan penetration test secara berkala. Tujuannya untuk mengetahui mana saja lubang di sistem yang menjadi kelemahan. Sehingga bisa segera ditutup dan diperbaiki. 

"Dari pengecekan memang web tersebut memakai share hosting. Kurang pas sebenarnya, kementrian yang mempunyai anggaran besar seharusnya menggunakan server sendiri alias private server,” jelasnya. 

Ia menjelaskan konsekuensi memakai sharehosting ini menjadikan web revolusimental satu “rumah” bersama web lainnya. Mantan petinggi Lembaga Sandi Negara ini menyarankan sebaiknya kementrian PMK membuat server sendiri untuk web revolusimental.go.id.