Ini Penyebab Harga CPO Sawit di Riau Turun

Melemahnya kondisi bursa saham di Tiongkok menjadi salah satu penyebab turunnya harga CPO di Riau. Para investor masih trauma memantau kondisi bursa saham Tiongkok yang masih melemah dan bergerak dengan mengkhawatirkan. Selama ini Tiongkok dikenal sebagai importer CPO terbesar di dunia. 

Seminggu kedepan, priode 5 sampai 11 Agustus 2015 mendatang harga beli TBS umur 10 tahun keatas di pabrik pengolahan sawit Rp 1.459,95 per kilogram. Harga ini turun sebesar Rp 72,71 per kilogram dari minggu lalu yakni Rp 1.532,65 per kilogram. 

Kasi Promosi dan Pemasaran Produk Perkebunan Dinas Perkebunan Provinsi Riau, Rusdi, Selasa (4/8/2015) mengatakan, memburuknya kondisi bursa saham Tiongkok dikhawatirkan akan mengakibatkan kondisi ekonomi negara tersebut memburuk. Sehingga ikut menurunkan permintaan CPO dari daerah tersebut.

 "Tiongkok sendiri merupakan importir CPO terbesar di dunia saat ini," katanya. 

Saat ini harga CPO di bursa komoditas Malaysia pada perdagangan pekan ini terpantau mengalami pergerakan yang bervariasi, harga CPO bergerak mixed. Kontrak paling aktif bulan Oktober pada umumnya mengalami penurunan.