Ini Hasil Reshuffle Menteri Kabinet Jokowi

Berdasarkan pada keputusan presiden (Keppres) Nomor 79/P Tahun 2015 tentang penggantian beberapa menteri negara Kabinet Kerja sisa masa jabatan 2014-2019, ada lima menteri yang diganti dan diangkat. Ada tiga menteri koordinator dan dua menteri yang dilantik oleh Jokowi. Pelantikan digelar di Istana Negara, Rabu (12/8). 

Lima orang itu adalah Luhut Pandjaitan sebagai menteri koordinator bidang politik hukum dan keamanan menggantikan posisi Tedjo Edhy Purdijatno, Darmin Nasution sebagai menteri koordinator bidang perekonomian menggeser posisi Sofyan Djalil, Rizal Ramli sebagai menteri koordinator bidang kemaritiman menggantikan Indroyono Soesilo. 

Presiden Jokowi juga mengangkat Thomas Lembong sebagai menteri perdagangan menggantikan Rahmat Gobel, serta Sofyan Djalil sebagai menteri perencanaan pembangunan nasional menggantikan Andrinof Chaniago. Jokowi juga melantik Pramono Anung sebagai sekretaris kabinet menggantikan Andi Widjajanto. Politikus PDIP tersebut diangkat berdasarkan Keppres 80/P Tahun 2015.