Daftar Tempat Wisata Menarik di Riau

Secara geografis, Riau daratan atau Propinsi Riau tidak memiliki pegunungan, dan hanya di beberapa kabupaten saja yang memiliki ata berbatasan dengan laut. Sehingga secara otomatis, wisata alam yang ada di Propinsi Riau tak sehebat propinsi tetangga, Sumatera Barat. Namun demikian, terdapat beberapa banyak icon wisata lokal yang sudah go nasional dan dijadikan sebagai tempat wisata nasional yang ramai dikunjungi wisatawan. Berikut ini beberapa lokasi wisata di Riau yang banyak dikunjungi orang: 

1. Perpustakaan Soeman HS, merupakan bangunan perpustakaan yang memiliki bentuk arsitektur yang besar, megah dan unik. Kubahnya menyerupai bentuk buku terbuka. Perpustakaan ini ada di Ibu Kota Propinsi Riau yakni Pekanbaru, tepatnya di kawasan Jalan Jendral Sudirman, atau pusat kota. Koleksi buku yang lengkap, gedung yang megah dan mewah membuat para wisatawan dari luar Riau merasa kagum dengan gedung pendidikan yang satu ini. 

2. Taman Nasional Bukit Tiga Puluh, merupakan kawasan hutan lindung yang memiliki banyak koleksi kekayaan alam hewani dan hayati. Di kawasan ini bisa ditemukan air terjun yang indah. Di kawasan ini pula bisa kita temukan masyarakat asli Talang Mamak. Untuk mencapai lokasinya, kita harus menuju Kabupaten Indragiri Hulu terlebih dahulu. 

3. Wisata Bono, Pelalawan. Gelombang Bono atau gelombang yang terjadi di air sungai merupakan fenomena alam langka yang menjadi kekayaan wisata Propinsi Riau. Di sini adalah surga para peselancar yang ingin menguji ketangguhan berselancar. Terletak di Kabupaten Pelalawan. Untuk dapat melihat gelombang bono yang besar, ada jadwal dan waktunya.

 4. Wisata Belanja Pasar Bawah, bagi para pecinta wisata belanja, jangan lewatkan mengunjungi Pasar Bawah Pekanbaru. Di sini adalah tempat pusat oleh-oleh khas Riau yang bisa Anda dapatkan dengan harga yang terjangkau. 

Riau memiliki banyak kawasan wisata budaya dan Sejarah seperti Candi Muara Takus, Istana Siak, makam raja-raja dan sebagainya. Jika ingin mengetahui banyak hal tentang budaya Melayu, berkunjung lah lebih lama di Riau.