Dongeng Maluku Utara Tonamalangi

Dongeng dari Maluku Utara – adalah cerita rakyat tentang pertikaian dua wilayah yang tak kunjung selesai karen masing-masing merasa benar. Dongeng Indonesia ini mengajarkan kita agar tidak saling bermusuhan sebab permusuhan hanya akan membawa keburukan. Dongeng Maluku Utara ini berjudul Tonamalangi. Dongeng ini semakin memperjelas bagi masyarakat Indonesia bahwa tidak hanya di wilayah seperti pulau Jawa saja yang memiliki Dongeng, namun dari daerah lain juga memiliki aneka Dongeng yang beragam. Untuk lebih jelasnya marilah kita simak Dongeng dari Maluku Utara yang berjudul Tonamalangi.

Dongeng Maluku Utara - Tonamalangi


Pada masa dahulu kala telah terjadi pertikaian antara warga Teluk Tarakani dan jazirah Wayamoto. Tidak diketahui awal mulanya, tetapi pertikaian itu berlarut-larut dan tidak ada tanda-tanda segera berakhir. Mereka hidup dalam suasana tidak nyaman, penuh curiga dan saling menyalahkan. Anak-anak tumbuh dalam situasi yang mencekam.

Di tengah situasi yang tidak mengenakkan itu, di dekat perbatasan kedua wilayah itu, tersebutlah dua keuarga yang tinggal di wilayah yang bertikai itu. Satu keluarga tingga di wilayah Teluk Tarakani, sedang yang lain tinggal di wilayah Jazirah Wayamoto. Kedua keluarga itu mempunyai anak lelaki yang usianya sebaya. Walaupun dilarang oleh kedua orangtuanya, mereka tetap berteman dan bermain bersama secara sembunyi-sembunyi.

Pada suatu hari anak dari Jazirah Wayamoto menanyakan kepada ayahnya tentang kenapa dia tidak boleh bermain dengan anak dari Tarakani. Ayahnya menyuruh bocah itu untuk mencari teman lain yang berasal dari Jazirah Wayamoto saja. Namun anak itu tidak mengindahkan perkataan ayahnya, dia merasa bahwa mereka tidak memiliki perbedaan. Rambut sama hitam, mata juga dua, kulit juga sama sehingga dia merasa bahwa tidak ada yang perlu dipertikaikan diantara mereka. Mendengar penjelasan anaknya, sang ayah terdiam dan tidak mampu memberi jawaban.

Suatu hari Kapito Horiwo, pemimpin Jazirah Wayamoto, berburu di hutan. Sekian lama berburu, tak juga ditemukan satupun binatang buruan. Makin lama, dia makin melangkah masuk hutan. Sampailah dia di perbatasan wilayah. Ketika hendak berbalik terdengan suara dua orang anak berbicara. Kapito Horiwo segera bersembunyi di balik semak. Tak jauh dari tempat itu, pemimpin dari Teluk Tarakani yang bernama Kolano Sero juga tengah berada di hutan tersebut. Dia melihat kedatangan dua orang anak lelaki dan bersembunyi dibalik hutan.

Ternyata dua orang anak tersebut masing-masing dari daerah yang saling bertikai. Mereka mengeluh tentang pertikaian yang tidak kunjung usai tersebut. Mereka sangat sedih dengan pertikaian yang terjadi dan memimpikan alangkah senangnya jika mereka dapat hidup dengan rukun. Masing-masing daerah memiliki hasil bumi yang berbeda, Jazirah Wayamoto memiliki ikan segar dan Tarakani memiliki sayuran segar. Masing-masing dapat bertukar jika mereka hidup dengan damai. Kemudian kedua anak itu sepakat untuk mengajak teman-teman mereka bermain di hutan tersebut sampai ketua dari masing-masing wilayah itu berbaikan dan tidak lagi saling bertikai.

Di tempat persembunyian masing-masing, Kapito Horiwo dan Kolano Sero tersadar. Anak-anak polos itu tengah mengutarakan isi hatinya. Perkataan mereka benar. Pertikaian yang berlarut-larut itu telah membuat semua orang tidak lagi merasa tenang dan aman. Anak-anak pun merasakan akibatnya. Akhirnya, kedua pemimpin itu kembali dengan pikiran yang berkecamuk. Pertikaian ini harus segera dihentikan. Namun, bagaimana caranya?

Ketika dua pemimpin itu masih sibuk memikirkan cara terbaik untuk perdamaian, di kaki Gunung Mamuya, terjadilah perang sengit antara kedua belah pihak. Banyak korban yang gugur di kedua belah pihak. Apalagi ditambah dengan gempa yang meretakkan tanah tempat mereka berperang. Orang yang selamat hanya kedua panglima dari setiap wilayah.


Melihat keadaan tersebut, keduanya sepakat untuk menyelesaikan persengketaan secara damai dan memandang perang yang telah berlangsung tidak ada yang kalah atau menang. Di sebuah batu besar, mereka menandai perdamaian itu dengan saling menyilangkan kaki mereka dan menusukkannya dengan sebuah pedang hingga memancarkan darah keduanya sebagai tanda perdamaian dengan menyatukan darah mereka.

Mereka membagi wilayah secara adil dan pergi ke suatu tempat bernama Luari serta memandang ke Gunung Mamuya. Di sana terlihat dengan jelas sebuah gunung dengan dua buah pantai yang seakan telah membagi wilayah mereka sehingga di tempat itulah tonggak batas wilayah dan perdamaian ditegakkan. Batu besar tempat perdamaian itu diberi nama Tonamalangi yang berarti batas tanah.

Itulah Dongeng Maluku Utara yang menceritakan tentang pertikaian yang sebenarnya tidak perlu terjadi. Sesama manusia saling membutuhkan, saling bergantung dan saling mencintai. Kedua anak dari wilayah yang bertikai telah memberikan contoh yang baik tentang arti perdamaian.