Mengerikan, Begini Video Rekaman Kondisi Gempa di Bawah Laut

foto: mongabay.co.id
Kita sering mendengar gempa di bawah laut yang mengakibatkan tsunami atau pun tidak, tetapi jarang sekali kamera yang bisa mengabadikannya. Baru-baru ini sekelompok penyelam asal Filpina menemukan pemandangan langka. 

Tanpa sengaja saat mereka menyelam ke dasar laut, sebuah gempa berkekuatan 5,6 Skala Richter terjadi di dasar laut. 

Dengan kamera yang mereka miliki, kondisi ini direkam dengan detik-detik yang menegangkan. Video tersebut direkam oleh seorang penyelam bernama Jan Paul Rodriguez di laut Nabini, Batangas. Filipina. 

Namun untuk menjaga keselamatan diri dari dampak tsunami, para penyelam ini bersegera naik ke permukaan setelah merekam beberapa detik yang terjadi di dasar laut. 

Pertama sekali yang terjadi adalah pasir di bagian dasar laut bergetar, pelan-pelan naik dan bercampur dengan warna birunya laut dan rumput-rumput yang ada di permukaannya. 

Pasir di permukaan dasar laut terlempar ke atas dengan suara-suara getaran yang menakutkan. Tumbuhan yang ada di dasar permukaan laut juga bergetar akibat adanya pergeseran lempeng di dasar laut. 

“Kami merasakan seperti ada baling-baling besar yang berputar di bagian atas kami. Ada batu-batu kecil yang berjatuhan. Kami mendengar seperti suara pergeseran lempeng bumi di bawah dasar laut sana. Hal ini menghasilkan efek kejut yang kuat telinga kami,” begitu kata Rodriguez kepada Newsflare, dilansir dari IFL Science. 

Tonton videonya di https://youtu.be/Yni31SuNzOw