Dramatis, Portugal Juarai Piala Eropa 2016

Secara dramatis Portugal berhasil mengalahkan Prancis pada final Piala Eropa di Stade de France, Saint-Denis, Paris, Senin (11/7) dini hari WIB. Pemain pengganti Eder tampil sebagai penentu kemenangan Portugal 1-0 atas Prancis. 

Kemenangan Portugal tercipta pasca gol semata wayang itu tercipta pada menit ke-109. Kemenangan ini sekaligus juga memberi bukti bahwa Portugal tidak sepenuhnya bergantung kepada Cristiano Ronaldo yang telah meninggalkan lapangan sejak menit ke-25 akibat mengalami cedera. Dalam pertandingan ini, Prancis sebenarnya tampil sangat dominan. 

Sayangnya, tak ada satupun peluang yang bisa membuahkan hasil dalam setiap serangan yang dilakukan ke jantung pertahanan lawannya. Salah satu peluang yang gagal tercipta pada saat memasuki injury time babak kedua. Saat itu tendangan dari Antoine Griezmann tidak membentur mistar gawang Portugal. 

Sebaliknya, sebelum gol sebiji tercipta, Portugal juga sempat mengalami nasib sial ketika bola dari tendangan bebas Raphael Guerreiro hanya bisa menggetarkan mistar gawang Prancis. Bagi Prancis, kekalahan ini menjadi terasa menyakitkan. 

Apalagi kekalahan ini terjadi di depan para pendukung setianya. Sebenarnya keyakinan untuk merebut kemenangan itu telah terbuka lebar setelah Ronaldo meninggalkan lapangan. Ronaldo keluar lapangan setelah cedera yang dialaminya akibat berbenturan dengan Dimitri Payet pada menit ke-14. 

Kapten Portugal Cristiano Ronaldo tak bisa menahan emosinya setelah memenangkan Piala Eropa 2016. Sebab ini merupakan gelar yang sudah lama diinginkannya. 

"Saya bahagia, sangat bahagia. Ini merupakan sesuatu yang sudah lama saya inginkan sejak 2004 (kekalahan pada final Piala Eropa). Saya meminta kepada Tuhan untuk diberikan kesempatan lain," katanya setelah laga final Piala Eropa 2016, seperti dilansir laman UEFA, Senin (11/7). 

Ronaldo tak bisa menyelesaikan laga akibat cedera. Ia ditarik pada menit ke-25 setelah lututnya dihajar oleh gelandang serang Prancis Dimitri Payet. 

"Keadaan tak berjalan bagus untuk saya, saya cedera. Tapi saya selalu memercayai para pemain ini. Mereka punya kualitas dan kemampuan, bersama dengan strategi pelatih kami untuk menang," kata dia. 

Ronaldo mengatakan ini merupakan salah satu momen paling membahagiakan dalam kariernya. Terlebih Portugal menaklukkan Prancis yang menjadi tuan rumah. Ronaldo berterima kasih kepada semua rekan-rekan setimnya, pelatih, serta warga Portugal. 

"Ini momen yang unik bagi saya, untuk semua warga Portugal dan ini tidak akan terlupakan," kata pesepakbola 31 tahun ini.