Riau Memilih

Riau, Driau.com -- Delapan pasang bakal calon kontestan Pemilukada Riau 2013-2018 telah mendaftar di Komisi Pemilihan Umum (KPU) Riau. Di hari terakhir, Rabu (29/5), empat pasang Bakal Calon Gubenur Riau (Bakal Cagubri) dan Bakal Calon Wakil Gubernur Riau (Bakal Cawagubri) mendaftar yaitu Jon Erizal-HR Mambang Mit (JM), Lukman Edy-Suryadi Khusaini (LE-SK), Tengku Mukhtaruddin-Syamsurizal dan Wan Abubakar-Isjoni (WIN).

 

Sebelumnya, telah mendaftar pasangan Herman Abdullah-Agus Widayat (HA), Annas Maamun-Arsyadjuliandi Rachman (Amman), Achmad-Masrul Kasmy dan Indra Muchlis-Azis Zaenal (BIMA).

 

Namun dari delapan pasangan tersebut, KPU hanya menerima pendaftaran tujuh pasangan bakal calon. Ini karena pasangan Tengku Mukhtaruddin-Symsurizal saat mendaftar kemarin, berkas dukungan partai pengusung tidak lengkap dan ada partai yang sudah mengusung pasangan lain. Hal ini menjadikan KPU mencatatkan pasangan ini sebagai pendaftar saja.

 

Tahapan selanjutnya selama tujuh hari kedepan, KPU akan melaksanakan tahap verifikasi berkas calon yang mendaftar. Kemudian 5-11 Juni, dilanjutkan dengan pemeriksaan kesehatan jasmani dan rohani serta penetapan calon beserta nomor urut dilakukan pada 1 Juli mendatang.

 

Demikian diungkapkan Ketua KPU Riau, Tengku Edi Sabli kepada driau.com, jumat (31/5/2013) petang. Menurutnya, proses ini nantinya akan memakan waktu selama 1 bulan.

 

Karena KPU akan disibukkan mengklarifikasi ataupun mencocokkan semua data Bacagubri ini. Mulai dari validasi partai pengusung, bukti dukungan untuk calon perseorangan hingga kelengkapan administrasi lainnya seperti data harta kekayaan bakal calon dan rekening kampanye.

 

"Setelah menerima berkas Delapan Bakal Calon ini, kita akan lakukan validasi data dan klarifikasi. Pertama kita cek bukti dukungan yang didaftarkan ini, setelah lengkap jumlah suara dukungan dari partai, kita akan cek lagi data lainnya,"

 

"Seperti laporan harta kekayaan dan rekening kampanye masing-masing bakal calon, jadi 1 Juli baru bisa kita umumkan siapa saja yang lengkap dan bisa maju," tukasnya.

 

Tidak hanya itu, Edi mengakui KPU terpaksa harus bekerja keras dalam waktu sebulan ini untuk menuntaskan proses klarifikasi ini. Apalagi, tiga pasangan Bakal Calon memiliki partai pengusung yang sama.

 

"Ini yang agak berat, karena kita harus mengklarifikasi hingga ke Kementerian Hukum dan Ham. Ini menyangkut legalitas dukungan," tandasnya.

 

Ketiga Bakal calon yang memiliki dukungan sama antara lain Herman-Agus, Indra-Azis, T Mukhtaruddin-Syamsurizal. Adapun Partai yang mengusung ganda antara lain, PBB, PDS, PKPI, Partai Buruh, PMB, Partai Hanura, PKPB, Partai Pelopor, PPIB, PKNU.

 

Sebagaimana diketahui, sebanyak Delapan pasangan Bakal Calon resmi mendaftar ke KPU sejak 23-29 Mei. 

 

Berikut Pasangan dan Partai Pengusung Bacagubri dan Bacawagubri Telah Mendaftar: 

 

1.Herman Abdullah-Agus Widayat : (Gerindra, PBB, Hanura, PDS, PKNU, PDK, PKPB, Patriot, PPN, PKBIB)

 

2.Annas Maamun-Arsyadjuliandi Rahman :  (Golkar)

 

3.Achmad-Masrul Kasmy : (Demokrat, PBR)

 

4.Indra-Azis Zainal : (PPP, PPPI, PPIB, Kedaulatan, PDP, PPI, PNI, PKP,PMB, PPDI,    PRN, Pelopor, PBB , Merdeka,   PKDI, PKNU, PPNUI, PSI, PDS, Buruh, PKPB, PPRN,  Barnas, PPD, PNBKI, PIS).

 

5.Jon Erizal-Mambang Mit : (PAN, PKS)

 

6.Lukman Edy-Suryadi : (PDIP, PKB)

 

7.Wan Abu Bakar-Isjoni : (Independen)

 

8.T Mukhtaruddin-Syamsurizal : (Hanura,PDP, PDS, Partai Buruh, PDK, PKP, PMB, PKDI, PKPI, Barnas, Merdeka, PSI, Kedaulatan, PIS, PPI, PNBKI, PRN, PPD, PPIB, PPPI, Pelopor)