Ditunda Tes Kesehatan Peserta Pilgubri

Riau, Driau.com - Menurut jadwalnya, hari ini sampai tanggal 11 Juni, seluruh pasangan bakal calon gubernur dan wakil gubernur Riau akan mengikuti pemeriksaan tes kesehatan.

Namun, berdasarkan kesepakatan antara KPU Riau, IDI dan pihak RSUD Arifin Ahmad. Untuk pemeriksaaan tes kesahatan tersebut, baru mulai dilaksanakan pada tanggal 8 Juni atau hari Sabtu nanti.

“Sebenarnya jadwalnya tidak diundur, cuman hanya pelaksanaannya saja, yakni hari Sabtu, Senin dan Selasa (8, 10 dan 11 Juni),” kata Tengku Edi Sabli, Ketua KPU Riau didepan wartawan di ruangannya, Rabu (05/06/13).

Pemeriksaan kesehatan ini merupakan salah satu tahapan menjelang pemilihan gubernur Riau dilaksanakan dan sebelum ditetapkannya calon gubernur dan wakil gubernur Riau oleh KPU Riau.

“Rencananya, pada pagi hari Sabtu itu, kita akan melakukan penyerahan bakal calon gubernur dan wakil gubernur Riau ke IDI dan tim pemeriksa kesehatan RSUD Arifin Ahmad,” ungkapnya.

Agar tidak terjadi kecemburuan terkait siapa bakal calon yang pertama memeriksa kesehatannya. KPU Riau mengantisipasinya dengan menyesuaikan kepada nomor urut bakal calon yang telah mendaftar ke KPU Riau.

“Maksudnya, siapa yang dulu mendaftar, maka dialah yang pertama dan begitu seterusnya. Memang tidak ada peraturan khusus terkait ini, bisa jadi juga berdasarkan abjad nama bakal calon,” tutupnya. (kontributor//)