SBY Tinjau Kapal Greenpeace

Jakarta, Driau.com - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono meninjau kapal milik organisasi lingkungan hidup Greenpeace, Rainbow Warrior, di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta, Jumat, 7 Juni 2013. Kapal ini telah melakukan rangkaian petualangan mengarungi keanekaragaman hayati di laut dan daratan Indonesia selama satu bulan.

 

Saat meninjau kapal, SBY mengaku mendapatkan penjelasan dari pimpinan Greenpeace ihwal berbagai hal yang telah dilakukan organisasi itu. "Baik Greenpeace internasional, Asia Tenggara, maupun Greenpeace Indonesia dalam tugasnya ikut menyelamatkan lingkungan dunia dan apa yang dikerjasamakan dengan Indonesia," ujar SBY, seusai peninjauan.

 

Menurut SBY, ia sudah beberapa kali bertemu dengan Eksekutif Direktur Greenpeace Internasional, Kumi Naidoo, guna mendiskusikan kerja sama yang mungkin dijalin antara pemerintah Indonesia dan Greenpeace.

 

Dalam pertemuan di kapal Rainbow Warrior, SBY meminta Greenpeace untuk terus mengawasi kinerja pemerintah Indonesia dalam memelihara lingkungan. "Saya katakan, kritiklah kami kalau ada hal-hal yang belum benar."

 

"Berikan saran atau usul kepada kami kalau itu baik bagi pemeliharaan lingkungan," SBY menambahkan. "Kalau Indonesia melakukan hal-hal baik, jangan lupa juga menjelaskan ke dunia bahwa Indonesia punya komitmen yang tinggi untuk memelihara lingkungan."

 

SBY menjelaskan, hingga saat ini memang masih banyak yang harus dibenahi Indonesia dalam memelihara lingkungan hidup. Namun, ia memastikan komitmen pemerintah untuk terus mengurangi emisi karbon. (Rls/Kompas)