Santos Menjual Neymar

Mimpi Neymar hijrah ke Eropa segera terwujud. Bintang muda asal Brasil tersebut telah mendapat lampu hijau dari Santos FC untuk hengkang.

Pada Jumat (24/5) waktu setempat, Santos resmi mengumumkan akan menjual Neymar. Ada dua klub yang ingin mengamankan tanda tangan berusia 21 tahun tersebut.

"Manajemen klub memutuskan akan menjual. Kami menunggu Neymar dan ayahnya di Stadion Vila Belmiro untuk memilih proposal mana yang akan diterima," demikan pernyataan resmi Santos.

Meski Santos tidak menyebutkan nama kedua klub tersebut, namun media Brasil meyakini dua klub itu adalah Barcelona dan Real Madrid. Real Madrid masuk dengan tawaran sebesar 35 juta euro (Rp 442 miliar).

Nilai yang disodorkan Madrid itu lebih tinggi tujuh juta euro (Rp 88 miliar) dari tawaran Barcelona.

Ayah Neymar, Neymar Senior, mengatakan belum ada keputusan kemana anaknya akan berlabuh. Dia pun mengtakan tidak bisa memutuskan dalam waktu dekat ini.

Santos akhirnya bersedia menjual megabintangnya, Neymar. Pengumuman itu disampaikan Santos lewat Twitter resmi mereka.

Santos mengatakan, penyerang 21 tahun itu memiliki hak untuk meneruskan kariernya di Eropa. Barcelona dan Real Madrid yang diyakini bakal menjadi pelabuhan berikutnya penyerang Timnas Brasil tersebut, kini tak perlu menunggu hingga Piala Dunia 2014 untuk mendapatkan jasa Neymar.

"Dengan adanya beberapa permintaan atas pemain itu, komite manajemen klub memutuskan untuk menjualnya," bunyi pernyataan itu.

"Kami menunggu Neymar dan ayahnya di Stadion Vila Belmiro untuk memilih proposal mana yang akan diterima atlet itu," kata Santos seperti dinukil dari Reuters.

Neymar, yang menolong Santos memenangi gelar juara kompetisi Piala Libertadores pada 2011, merupakan satu-satunya pemain yang tidak berasal dari Eropa di antara 23 pemain yang masuk final daftar pemain terbaik FIFA 2012.

Seandainya Neymar lebih memilih opsi untuk bergabung dengan Barcelona, maka ia akan bermain bersama megabintang Argentina Lionel Messi yang meraih gelar Pemain Terbaik Dunia empat kali beruntun.

Barcelona juga ngebet mendapatkan Neymar. Selain Barcelona, Chelsea juga pernah mengincar Neymar.