Maluku Di Guncang Gempa 6,6 SR

Maluku - Gempa 6,6 skala richter (SR) dirasakan kuat selama tujuh hingga sepuluh detik oleh masyarakat Maluku Barat Daya, provinsi Maluku.

Demikian disampaikan Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Sutopo Purwo Nugroho melalui pesan elektroniknya kepada wartawan, Minggu, (1/8).

"Telah terjadi Gempa 6.6 SR, pada Minggu, (1/8) pukul 18:52:32 WIB. Pusat gempa di laut pada koordinat 7.75 LS,128.40 BT (222 km Timur Laut Maluku Barat Daya)," ujar Sutopo.

Kedalaman pusat gempa tersebut berada di 131 Km. "Gempa tidak berpotensi tsunami. Gempa berasal dari terusan sesar Wetar," terang Sutopo.

Lebih lanjut ia menginfokan, Posko BNPB telah mengkonfirmasi kepada pihaknya di daerah. Masyarakat sempat berhamburan ke luar rumah.


"BPBD Maluku Barat Daya masih melakukan pemantauan. Daerah sekitar pusat gempa adalah pulau-pulau kecil, tersebar dan akses terbatas di sekitar Laut Banda menyebabkan kendala dalam pemantauan secara cepat," tandas Sutopo.(rus/rmol/jpnn)