Willix Halim : Mencari Proyek di Freelancer.com

Di era digital ini, hampir semuanya dapat dilakukan melalui dunia maya, tak terkecuali mencari pekerjaan. Suatu pekerjaan bisa diselesaikan oleh banyak orang yang terpisah batas wilayah negara. Mereka yang menganggur atau mencari penghasilan tambahan kian dimudahkan berkat munculnya layanan pencari dan penawaran kerja, salah satunya freelancer.com.

Perusahaan yang berbasis di New South Wales ini merupakan sebuah platform untuk para freelance untuk mencari kerja. Namun, keamanan masih menjadi salah satu pertimbangan orang untuk mencoba platform bikinan perusahaan yang berdiri tahun 2009 ini. Terkait hal tersebut, driau berkoresponden via tumblr dengan Willix Halim selaku Vice President of Growth.

Sebenarnya apa sih Freelancer.com itu?

Jadi Freelancer.com itu seperti eBay-nya pekerjaan, maksudnya sebuah marketplace bagi para freelancer. Nah, di sini perusahaan yang berasal dari negara besar, seperti Amerika Serikat, Australia, Inggris, dan lainnya dapat mem-posting pekerjaan. Para freelancer yang dari negara berkembang, seperti Indonesia, dapat melakukan penawaran terhadap pekerjaan yang diincarnya.

Intinya, kami berusaha untuk menjadi platform yang membuat outsourcing dan crowdsourcing menjadi mungkin dilakukan oleh pelaku bisnis kecil. Bahkan, kami di Freelancer.com juga menggunakan platform kami untuk mencari karyawan. Bisa dibilang,

Freelancer.com merupakan sebuah perusahaan yang dibangun oleh para freelancer yang kami cari melalui platform kami.

Jadi, salah satu keunggulan Freelancer.com adalah, bila sebuah perusahaan ingin menawarkan pekerjaan maka prosesnya rata-rata tak lebih dari 3 menit. Selain itu, juga keamanan yang lebih baik ketimbang kompetitor adalah salah satu pembedanya.

Bagaimana Freelancer.com menanggapi soal keamanan, khususnya soal akun?

Tentu saja bila ingin menjalankan sebuah perusahaan berbasis web seperti kami, masalah keamanan adalah yang paling pokok. Sebagai platform online, kami berusaha memberikan kenyamanan untuk mempertemukan para freelancer dengan pemberi kerja.

Untuk itu, sistem Freelancer.com memiliki keamanan secara menyeluruh mulai dari proses registrasi, bidding pekerjaan, hingga model pembayarannya.

Situs kami dijalankan dari platform yang amat rumit, kami juga salah satu situs yang amat peduli dengan keamanan. Bahkan CEO kami, Matt Barrie, merupakan salah satu ahli di bidang keamanan. Sebelum kami mengimplementasikan sesuatu di Freelancer.com, kami juga selalu melakukan beragam pengujian untuk memastikan semuanya tetap aman.

Namun, bila tentang kemungkinan akun Anda di-hack, maka jawabannya adalah iya. Karena walaupun seaman apa pun sistem yang sudah dibuat, tentunya bagaimana cara sang pemilik akun untuk menjaga username dan password-nya juga ikut mempengaruhi.

Kami juga memberikan penambahan fitur terbaru, yakni Security Phone Number. Dengan fitur ini, Anda akan memiliki sebuah nomor telepon khusus yang dijadikan alat verifikasi. Bila terjadi sesuatu hal dengan akun Anda, sistem secara otomatis akan mengabarkan via nomor telepon tadi. Oh ya, nomor telepon ini tak harus nomor handphone atau telepon rumah, tetapi bisa keduanya.

Lantas bagaimana Freelancer.com mendapatkan uang dari sistem ini?

Kami medapatkan uang dari komisi, jadi maksudnya kami menawarkan berbagai win-win soltion untuk para perusahaan yang menawarkan pekerjaan di platform kami. Misalnya saja, bila terjadi deal antara si perusahaan dengan seorang freelance, maka kami mengenakan biaya. Biaya yang dikenakan biasanya berkisar antara 3 hingga 10 persen.

Tawaran pekerjaan apa yang ada di Freelancer.com? Selain itu, juga bisa diceritakan yang paling menarik?

Di Freelancer.com terdapat berbagai pekerjaan. Ada dari bidang IT, penulisan, desain, data entry, bisnis, akuntansi, hukum, dan lain-lain. Meskipun secara kasat mata banyak tawaran di bidang IT, hal ini terjadi karena proyek-proyek itu banyak yang berdasarkan web dan lain-lain. Untuk menemukan pekerjaan yang sesuai keahlian Anda, maka carilah dengan memasukkan kategori yang Anda inginkan.

Ada banyak sekali pekerjaan yang unik di Freelancer.com. Namun, sejauh ini ada pekerjaan di bidang kimia, yakni di bagian R&D. Bila diperhatikan, pernah ada tawaran pekerjaan dengan total bid hingga US$ 300.000.

Indonesia adalah salah satu negara yang paling banyak menyumbang freelance di Freelancer.com. Sayangnya, masih sedikit perusahaan Indonesia yang sudah menawarkan pekerjaan melalui platform kami. Tugas kami selanjutnya adalah meningkatkan hal ini.

Apakah ada saran untuk para freelance yang ingin mencari proyek di Freelancer.com?

Buatlah profil yang menarik, jika Anda adalah freelance maka terus lakukan yang dilakukan. Bila profil Anda bagus, maka Anda telah memiliki kesempatan untuk memenangkan penawaran sebuah proyek pekerjaan. ***


tumblr %echa//