Makanan untuk Mengatasi Kulit Kering dan Mencerah Kulit

Kulit kering memang membuat penampilan kita kurang sempurna. Kulit kering bisa terjadi saat musim penghujan, atau pun musim peralihan. Nah biasanya dengan lation saja belum membuat kulit kering anda menjadi lembab. Berikut ini beberapa makanan yang dapat mengatasi kulit kering anda.

Air
Air memang menjadi andalan agar kulit anda tetap dalam kondisi terhidrasi. Jika dilihat dari perspektif makanan, air minum sangat penting untuk meningkatkan sirkulasi kulit. Bahan makanan lain selain air minum, adalah memakan buah-buahan dan sayuran yang memiliki kandungan air cukup tinggi. Misalnya saja banyak mengonsumsi  melon, apel, jeruk, nanas, seledri, atau mentimun.
Makanan tinggi asam lemak omega-3.

Lemak omega 3 berkhasiat melembutkan kulit kering karena menahan kelembaban kulit. Selain itu juga membantu mengurangi kerutan. Kandung lemak omega 3 dapat ditemukan dalam salmon, tuna, dan ikan trout atau biji rami, avokad, dan kenari.

Makanan mengandung seng (zinc)
Seng (zinc) dapat membantu menghindarkan kulit anda dari kering dan pecah-pecah.  Seng juga berkhasiat menyembuhkan luka dengan memperbaiki kulit rusak dan melindunginya. Kandungan Seng dapat ditemukan dalam makanan seperti tiram, kacang-kacangan, kalkun, kepiting, dan daging sapi tanpa lemak adalah makanan yang kaya akan seng.

Makanan kaya vitamin A
Vitamin A  untuk menyehatkan kulit dengan membuat kulit sejuk dan menghilangkan sisik. Selain itu vitamin A juga bisa memperbaiki kerusakan kulit dan regenerasi sel. Kandungan vitamin A dapat ditemukan dalam wortel, ubi jalar, atau memakan labu.

Makanan tinggi vitamin E
Vitamin ini membantu kulit sebagai pelembab alami dan menahan serangan ultraviolet. Makanan tinggi vitamin E termasuk kacang-kacangan dan biji-bijian, avokad, gandum, biji rami, minyak biji rami, sayuran hijau, dan brokoli.

Nah jika sudah tidak kering lagi, saatnya kita mencerahkan kulit.  Kali ini tips mencerahkan kulit dengan mengonsumsi jenis buah-buahan berikut ini.

Mangga
Untuk menjaga kulit tetap lembap dan sekaligus melindungi dari bahaya sinar matahari, cobalah mengonsumsi mangga. Mangga mengandung beta-karoten yang dikonversi menjadi vitamin A oleh tubuh. Vitamin A sangat diperlukan untuk menjaga kulit sehat dan memperbaiki jaringan kulit yang mencegah dari kulit kering. Vitamin A juga dapat meredakan peradangan yang disebabkan oleh paparan sinar matahari.

Jeruk
Jeruk berkhasiat menghilangkan kerutan pada kulit secara perlahan. Vitamin C yang terkandung didalamnya mampu melindungi sel-sel kulit dari radikal bebas, atom yang merusak sel dan mempercepat gejala penuaan. Dengan konsumsi jeruk secara rutin akan membuat kulit tampak segar dan sehat. Kandungan vitamin C juga berfungsi memompa produksi kolagen, sehingga  keriput pada kulit dapat diminimalkan.

Tomat
Tomat juga bisa mencerahkan dan memperindah kulit. Kandungan likopen dalam tomat berfungsi melindungi kulit dari paparan sinar matahari, dan bekerja sebagai antioksidan. Dengan konsumsi tomat selama 12 hari, maka anda akan memiliki 33 persen perlindungan terhadap risiko kulit terbakar karena sinar matahari.
Nah sudah tahukan makanan mengtasi keriput dan bagaimana mencerahkannya. Let’s try dan rasakan perubahan kulit yang akan semakin membuat anda percaya diri. Semoga artikel ini bermanfaat dan menambah wawasan cantik anda.