Cara Pendaftaran Mahasiswa Baru UR Secara Online

Secara umum berikut ini jalur-jalur masuk ke Universitas Riau yang dibuka tahun ini: 

1. Jalur Nasional SNMPTN UNRI. Secara keseluruhan jalur masuk ini diperntukan bagi mereka yang memiliki prestasi secara akademik dan non akademik selama sekolah, untuk sistem seleksi yang digunakan adalah Undangan non tertulis nantinya mahasiswa akan menerima undangan dari UNRI yang akan diteruskan langsung siswa guna melakukan pendaftaran online melalui situs resmi www.snmptn.ac.id, untuk informasi pendaftaran akan dilaksanakan setelah anda mendapatkan usename dan pasword dari undanga, selain itu jalur ini terbatas selain dari yang admin sebukatan dipastikan tidak bisa mendaftar. 

 2. Jalur Nasional SBMPTN UNRI. Bagi mereka yang tidak bisa ikut jalur undangan karena tidak mendapatkan tiket tersebut, bukan berarti tidak bisa mengikuti seleksi yang dilakukan secara nasional, selain jalur undangan pemerintah melalui SBMPTN juga membuka jalur ujian tertulis, nah jalur ini cocok bagi mereka lulusan tahun ini dan tahun lalu agar bisa kuliah di UNRI untuk pendaftaran dilaksanakan melalui situs resmi di pendaftaran.sbmptn.or.id. 

3. Jalur Beasiswa Bidik Misi UNRI. Kalau mau membahas mengenai PTN tidak lengkap kalau tanpa Beasiswa Bidik Misi, ya UNRI juga membuka jalur Beasiswa yang bekerjasama dengan DIKTI harapannya bagi mereka yang kurang mampu bisa ikut seleksi dan kuliah PTN tanpa harus memikirkan besarnya biaya pendidikan. Bidik Misi diperuntukan bagi mereka kurang mampu secara ekonomi dan berprestasi, untuk seleksi mengikuti jalur Nasional yang tersedia saat ini. Pendaftaran dilaksanakan melalui situs resmi bidikmisi.dikti.go.id. 

4. Jalur Mandiri PBBUD UNRI. Secara umum UNRI membuka jalur seleksi Mandiri yang diadakan lokal oleh pihak panitia kampus, jalur ini meliputi PBUD, atau penelusuran bibit unggul daerah biasanya pantia akan membuka jalur ini yang dilakukan sesuai utusan daerah masing-masing, selain itu ada juga beasiswa berasrama jalur ini melalui situs resmi http://pbud.unri.ac.id untuk melakukan proses pendaftaran sesuai dengan yang diharapakan. 

5. Jalur Mandiri UM S2 UNRI. Selain jalur PBUD sarjana, UNRI juga membuka jalur masuk S2 yang tergabung dalam UM Mandiri berdasarkan keputusan kampus yang sudah disetujui kementerian bahwa tahun ini membuka untuk jalur masuk jenjang S2, pendaftaran akan dilasanakan melalui situs resmi um.unri.ac.id, persyaratan adalah anda harus dinyatakan lulus sebagai lulusan sarjana tahun ini atau tahun lalu. 

6. Jalur Mandiri D3 Transfer S1. Nah untuk jalur ini hanya bisa diikuti oleh lulusan D3 sederajat yang sudah ikut kuliah di perguran tinggi negeri, untuk yang lulusan jenjang SMA sederajat tidak bisa mengikuti jalur ini karena jalur ini dibuka untuk lulusan D3 yang ingin melanjutkan ke S1 atau lebih dikenal dengan Vokasi Alih Program, untuk informasi pendaftaran dilaksanakan melalui situs resmi www.unri.ac.id. 

Selain itu ada juga jalur masuk lengkap untuk kampus UNRI berdasarkan panitia pelaksanaan UNRI akan diumumkan dengan beberapa ketentuan. 

SNMPTN , Pendaftaran secara Online tanggal 17 Februari s/d 31 Maret.Pengumuman Hasil Seleksi tanggal 27 Mei. Pendaftaran Ulang ke Puskom tanggal 04 s/d 14 Jun. 

SBMPTN, pendaftaran secara Online menyesuaikan www.sbmptn.or.id Pengumuman Hasil Seleksi tanggal - Menyesuaikan www.sbmptn.or.id Pendaftaran Ulang ke Puskom tanggal - Menyesuaikan www.sbmptn.or.id 

PBUD Pendaftaran Secara Online tanggal 01 Februari s/d 29 Maret.Pengumuman tanggal 27 Mei 2014.Pendaftaran ulang ke Puskom tanggal 04 s/d 14 Juni 2014.

MANDIRI D3 dan Transfer Diploma ke S1 Pendaftaran secara Online tanggal 23 Juni s/d 18 Juli. Ujian Tulis tanggal 23 Juni..Pengumuman tanggal 26 Juli. Pendaftaran Ulang ke Puskom tanggal 04 s/d 09 Agustus.