Japura Inhu Jadi Sekolah Penerbangan Riau

Mulai tahun 2015 ini, rencananya Sekolah Tinggi Penerbangan Indonesia (STPI) Curug, Tangerang membuka kampus di Riau, tepatnya di Bandara Japura, Inhu. Tahun ajaran sudah dimulai tahun 2015/2016. Meskipun skala penerimaannya nasional, pemerintah daerah berupaya agar siswa Riau bisa menerima porsi yang lebih. 

Seperti konsep IPDN kampus Rokan Hilir, STPI yang merupakan program Kementrian Perhubungan (Kemenhub) RI mengawali tahun ajaran baru ini dengan tahapan belajar mengajar sejumlah 30 taruna terlebih dahulu. Sarana dan prasarana serta kelengkapannya sudah disiapkan pihak pemerintah pusat. Bahkan enam pesawat latih akan segera di pindahkan dari STPI Curug, Tangerang, Banten. 

 "Sekolah penerbangan di Japura merupakan program Kemenhub yang disiapkan di daerah. Kita menyambut baik karena kedepan calon mahasiswa Riau berpeluang untuk terlibat menjadi taruna," ujar Kepala Dishub Riau Adizar kepada Riau Pos, Jumat (20/2). 

Dengan kondisi Bandara Japura di Rengat yang sudah dipantau pihak pusat, lanjut Adizar sarana dan prasarana yang dimiliki dinilai memadai dan bisa menjadi salah satu lokasi kampus STPI. Terkait perizinan dan prosedur penggunaannya, diakui Kadishub sudah disiapkan pihak Kemenhub RI. 

Harapan agar bisa terlibatnya calon mahasiswa Riau di sekolah pilot tersebut, sambung Adizar sudah disampaikan Plt gubernur Ir H Arsyadjuliandi Rachman kepada Menhub RI Ignatius Jonan beberapa waktu lalu dan beberapa kali pertemuan. Pemerintah pusat menyambut baik keinginan dalam peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) Riau di jasa transportasi udara tersebut. 

"Kalau kampusnya di Riau, informasi-informasi tentang pendaftaran dan lainnya bisa diterima lebih cepat. Sehingga peluang anak-anak kita juga bisa terlibat dalam pendidikan jadi pilot ini," sambungnya.