Android One Hadir di Indonesia Akhir Februari 2015

Google mengumumkan bahwa smartphone program Android One akan hadir di Indonesia pada akhir Februari 2015. Android One merupakan sebuah inisiatif global agar smartphone berkualitas tinggi juga bisa dinikmati oleh semua orang. Dalam keterangan resminya disebutkan, Indonesia adalah negara kelima yang masuk dalam program Android One setelah India, Bangladesh, Nepal, dan Sri Lanka. Ponsel Android One dapat dibeli dengan harga kurang dari Rp 1,4 juta. Baik di toko-toko ritel maupun online. 

Google juga berupaya mengurangi biaya data pengguna Android One di Indonesia. Fitur kompresi data di browser Chrome yang terpasang di ponsel Android One dapat membantu mengkompresi aliran data antara ponsel dan internet. Indonesia juga merupakan salah satu negara dapat mengakses fitur untuk menonton YouTube secara offline. Sehingga para pengguna dapat menonton video walau tanpa sambungan internet sekalipun. Caranya? Cukup ketuk ikon offline di aplikasi YouTube. Dengan cara itu, pengguna dapat memutar video tanpa perlu sambungan internet sampai 48 jam. 

Ponsel Android One yang dijual di Indonesia akan mengoperasikan Android terbaru dan tercepat (Lollipop) serta akan diperbarui secara otomatis. Namun, ponsel akan menerima pembaruan hingga dua tahun. Lollipop merupakan versi Android paling cepat dan responsif saat ini. 

Dengan kinerja yang hampir dua kali lebih baik dari versi sebelumnya. Fitur penghemat baterainya mampu menghemat masa pakai baterai hingga 90 menit. Tampilan desain material baru dari Android juga menawarkan pengalaman yang responsif dan alami, dengan pencahayaan dan siluet yang tampak nyata, serta dilengkapi grafis yang canggih untuk pengalaman pengguna yang lebih menyenangkan.