YouTube Bakal Luncurkan Layanan Musik Berbayar

Dalam beberapa bulan ke depan, Youtube dikabarkan akan meluncurkan sebuah layanan baru bernama YouTube Music Key, yang merupakan aplikasi layanan langganan musik berbayar setiap bulan. Layanan ini telah tersedia untuk versi beta namun hanya pada beberapa pengguna yang menerima undangan. 

''Ada banyak penonton yang ingin lebih jadi mereka memilih membayar untuk itu. Tapi ini tidak akan mengubah layanan sebelumnya,'' kata Kyncil dalam konferensi pers, seperti dikutip Reuters, Kamis (19/2). 

Dalam pernyataan perusahaan, Google mengatakan layanan bebas iklan akan dimulai pada November. Pengguna langganan akan dikenakan biaya 7,99 dolar AS per bulan atau sekitar Rp 90 ribu. Layanan ini memungkinkan pengguna melihat video meskipun offline dan bisa mendengarkan musik meski aplikasi lain masih bekerja. 

Rencana ini akan memberikan perubahan signifikan pada perusahaan video online nomor satu di dunia ini. Perusahaan yang dikenal 'selalu gratis' ini seringkali diikuti iklan-iklan pendek di awal mula penayangan video. YouTube menarik penonton hingga satu miliar pengguna dalam satu bulan.