PCR Masih Buka Beasiswa

Beasiswa Politeknik Caltex Riau (PCR) untuk siswa SMA/MA/SMK/ masih dibuka. Berbekal nilai rapor, pengajuan beasiswa masih ditunggu hingga 13 Februari 2015. Direktur PCR Hendriko menjelaskan bahwa kesempatan beasiswa YPCR masih terbuka bagi siapa saja yang ingin mendaftar di tahun 2015 ini. Pengajuannya dilakukan menggunakan jalur Penjaringan Siswa Unggul Daerah (PSUD). Jalur PSUD sendiri adalah jalur tanpa tes dengan menandingkan nilai rapor siswa. 

‘’PCR masih menyediakan beasiswa penuh pendidikan bagi siapa saja yang memenuhi syarat dengan jalur PSUD. Pengajuan dilakukan untuk selanjutnya menjalani tes akademik, wawancara serta visitasi ke rumah. Kuota tiap tahun juga selalu dinaikan. Sehingga apabila lulus, mereka akan kuliah dengan tanpa membayar biaya kuliah selama 3 atau 4 tahun di PCR,’’ jelasnya, Rabu (4/2). 

Hendriko menyatakan, bagi siswa-siswi SMA/SMK/MA yang ingin mengajukan PSUD cukup dengan nilai minimum di beberapa pelajaran yakni 7,5. Mata pelajaran tersebut dibedakan berdasarkan jurusan di sekolah, yakni IPA/IPS/Kejuruan. Sedangkan untuk pengajuan beasiswa disyaratkan adalah siswa/siswi yang memiliki orangtua/wali dengan maksimum penghasilan Rp3 juta dan pendidikan maksimum S1.

 ‘’Semua syarat lengkap sudah kita bagikan ke beberapa sekolah termasuk formulir. Namun, calon mahasiswa bisa langsung mengunduh sendiri di website resmi PCR yakni www.pmb.pcr.ac.id,’’ katanya. Ditegaskan oleh Hendriko, beasiswa yang sudah ada sejak tahun 2010 ini adalah bentuk komitmen PCR untuk bersama-sama memberikan pemerataan pendidikan bagi masyarakat luas. Selain itu, untuk mengikis anggapan biaya kuliah yang tinggi di Politeknik Caltex Riau.