Inilah Daftar Penyakit yang Sering Dialami Orang Pasca Lebaran

Lebaran tiba, banyak orang bersuka cita. Sebulan lamanya men jalankan puasa di bulan Ramadhan terkadang membuat orang berlebihan dalam mengekspresikan makan saat lebaran. Akibatnya pada saat lebaran orang sering makan berlebihan. 

Dampaknya sudah jelas. Setelah lebaran usai, rumah sakit kebanjiran pasien. Banyak orang yang kambuh penyakitnya. Atau bahkan mulai terjangkit suatu penyakit usai menjalani lebaran secara berlebihan. 

Oleh karena itu, untuk menjaga kesehatan tetap baik pada saat lebaran adalah dengan mengikuti sunnah nabi, yakni jangan makan berlebihan. Makan lah setelah lapar dan berhentilah sebelum kenyang. Berikut ini beberapa jenis penyakit yang biasa kambuh atau dialami orang setelah musim lebaran usai. 

1. Kolesterol 

Makanan aneka rendang, opor, gulai dan sebagainya merupakan sumber kolesterol yang cukup banyak dikonsumsi orang di saat lebaran tiba. Silakan menikmati makanan-makanan lezat tersebut dalam porsi sewajarnya. Mengkonsumsi makanan ini secara berlebihan akan meningkatkan jumlah kolesterol dan efeknya tentu sangat banyak bagi kesehatan. 

Untuk mengatasinya, ada beberapa cara. Yang pertama rutinkan mengkonsumsi minyak zaitun beberapa sendok sebelum dan sebangun tidur. Minyak zaitun akan menghancurkan tumpukan kolesterol dalam tubuh. Selanjutnya, makanlah sayur lebih banyak dari biasanya jika Anda merasa banyak sekali mengkonsumsi kolesterol. 

2. Sembelit 

Aneka protein hewani berlemak yang dikonsumsi pada saat lebaran sangat rentan menimbulkan sembelit. Cara terbaik untuk mencegahnya adalah dengan mengkonsumsi serat yang banyak agar pencernaan tetap lancar. 

Jika Anda ingin memakan rendang daging misalnya, pastikan Anda meminum segalas jus buah lebih dulu dan mengkonsumsi rendang dengan aneka sayuran agar pencernaan lebih lancar. 

3. Diabetes 

Kue lebaran sangat didominasi dengan rasa manis. Mereka yang tak bisa mengendalikan nafsu makan biasanya akan tergoda dan langsung mengkonsumsi tanpa larangan. Akibatnya kebanyakan orang akan mengalami peningkatan kadar gula usai lebaran. 

Demikian juga aneka makanan berlemak dan berkolesterol akan semakin memperburuk kondisi kesehatan para penderita diabetes. 

4. Stroke 

Stroke bisa disebabkan karena kadar gula yang terlalu tinggi atau tensi yang terlalu tinggi. mereka yang tak bisa mengendalikan nafsu makan pada saat lebaran dan sudah memiliki masalah pada kadar gula atau tensi sangat rentan mengalami hal ini. 

Pastikan Anda selalu mengontrol apa yang Anda makan. Ingatlah kesehatan sangat mahal dan dampaknya adalah kehidupan Anda. 

5. Jantung 

Penumpukan lemak dan kolesterol yang terlalu tinggi dapat memicu terjadinya penyakit jantung. Jika Anda telah memiliki gejala penyakit ini, pastikan Anda melakukan diet dan tetap menjaga apa yang Anda konsumsi saat lebaran. 

Secara umum ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan tubuh pada saat lebaran karena banyak nya makanan-makanan yang tak sehat. Berikut ini beberapa diantaranya: 

1. Tidak makan berlebihan, inilah kunci pencegahan paling tepat untuk menjaga kesehatan di bulan syawal. 

2. Banyak mengkonsumsi air putih, setidaknya 2 liter perhari untuk menjaga system pencernaan tubuh. 

3. Mengkonsumsi buah dan sayur dalam jumlah yang banyak 

4. Menjalankan ibadah puasa syawal yang telah disunnahkan untuk menjaga ritme makan seseorang di bulan syawal yang terkadang sering berlebihan. 

5. Mengkonsumsi herbal kesehatan untuk pencegahan penumpukan racun di dalam tubuh dari makanan-makanan tak sehat yang Anda konsumsi. 

Makanlah dalam porsi secukupnya, jangan berlebihan. Syawal memang waktunya kita berbahagia, tetapi jangan dilakukan dengan berlebihan karena berlebihan itu bagian dari syaitan dan akibatnya akan kita rasakan sendiri dampak buruknya.