Cemilan sehat untuk ibu hamil

Cemilan sehat untuk ibu hamil

Cemilan sehat untuk ibu hamil - Mendengar kata ibu hamil, sudah terbayangkan oleh kita. Bagaimana kondisi fisiknya saat itu. Dengan perut yang semakin membesar dari hari kehari, sudah otomatis baban yang dibawanya kemana-mana menjadi lebih berat. Dan taukah anda? Bahwa konsumsi ibu hamil itu jauh lebih besar daripada saat tidak hamil. ya jelas saja. Karena konsumsinya bukan saja hanya untuk sang ibu, tapi anak yang dikandungnya juga membutuhkan kalori dan nutrisi yang cukup. Dan satu-satu satunya jalan adalah dari apa yang dikonsumsi ibu itu sendiri. Kalau yang di konsumsi ibu tidak cukup kandungan gizinya maka tidak cukup juga konsumsi gizi bagi bayi yang di kandungnya tersebut, dan tentunya akan berpengaruh terhadap perkembangan bayi yang ada dalam kandungan. Kebanyakan ibu hamil saat ini, selain mengkonsumsi makanan pokok biasanya seorang ibu hamil yang usia Kandungannya di atas 3 bulan juga kuat ngemil. Makanan-makanan pendamping dan selingan biasanya sangat dibutuhkan oleh ibu-ibu hamil. So. Kita perlu perhatikan jenis cemilan sehat saat ibu hamil, agar nutrisinya terjaga dengan baik.

Cemilan sehat untuk ibu hamil


Beragam jenis cemilan sehat saat ibu hamil yang bisa kita buat, atau bahkan beli jadi di supermarket. Namun satu hal yang perlu diperhatikan agar jangan sembarangan mengkonsumsi makanan instant atau cepat saji yang di konsumsi untuk ibu hamil. lihat dan pastikan nilai gizi dan nutrinya sesuai untuk perkembangan janin. Selain itu juga memperhatikan keseimbangan konsumsi empat sehat lima sempurna. Beberapa jenis cemilan sehat saat ibu hamil sebagai berikut :
  • Roti Gandum : memiliki kandungan magnesium yang cukup untuk membantu penyerapan kalsium yang berfungsi untuk memperkuat pembentukan struktur tulang bagi sikecil yang lagi bersantai di dalam kandungan.
  • Kacang mete : kacang ini terbukti kaya protein, sangat dibutuhkan untuk membangun sel-sel janin, juga kaya akan zat besi untuk pembentukan sel darah.
  • Telur : mengandung vitamin A, B kompleks dan vitaimin D dan terdapat juga mineral zat besi, fosfor, kalsium dan sodium. Cukup satu butir telur saja perhari. Nutrisi yang terkandung dalam telur dapat juga membantu penyerapan kalsium dan membangun daya tahan tubuh.
  • Ubi Manis/Ubi rambat : kaya akan vitamin A dan beta karotin untuk pembentukan mata yang sempurna.
  • Buah buahan : Apel, alpukat, pisang, belewah, jeruk, kurma, papaya, mangga, pear, delima, tomat, semangka, kelengkeng, belimbing, leci, kelapa, kedondong dan salak.

Kita perlu perhatikan jenis cemilan sehat saat ibu hamil, agar nutrisinya terjaga dengan baik.

Usahakan untuk mengindari mengkonsumsi makanan yang mengandung lemak yang tinggi seperi jeroan, yang mengandung gas seperti nangka, nanas, dan durian serta yang mengandung alcohol seperti tapai. Juga usahakan mengurangi makanan instant olahan pabrik yang mengandung pengawet dan pewarna karena dapat membahayakan kesehatan dan bisa berakibat fatal, serta berhati-hati bagi yang biasa suka jajanan pasar, karena saat ini banyak jajanan pasar yang pembuatannya tidak dalam proses yang higienis dan terjaga mutu dan kualitas gizinya.

Heyy… agar tetap ingat satu hal. Agar jangan terlalu berlebihan dalam mengkonsumsi cemilan sehat untuk ibu hamil ini, sudah sangat jelas bahwa sesuatu yang berlebihan adalah sangat tidak baik. Apapun itu.