Aneka Resep Menu Hidangan Berbuka Puasa

Bisa dikatakan puasa di tahun ini memiliki tantangan yang cukup berarti bagi masyarakat Riau, yakni cuaca panas yang sangat dominan. 

Oleh karena itu, diperlukan pilihan menu berbuka puasa yang cocok untuk kondisi cuaca panas tersebut. berikut ini beberapa resep menu takjil pebukaan yang bisa Anda jadikan sebagai referensi berkreasi di rumah, khususnya bagi kaum ibu dan remaja puteri: 

1. Aneka jus murah, lezat berkualitas 

Jika Anda memiliki perangkat blander di rumah, maka Anda sebaiknya membuat sendiri jus-jus sederhana namun tetap nikmat di sajikan pada waktu berbuka. 

Jus nikmat sederhana yang bisa Anda buat seperti jus timun, jus belimbing, jus tomat, jus wortel. Bersihkan setiap buah tersebut, lalu potong-potong, masukkan ke blender, tambahkan air, gula dan es batu secukupnya. Haluskan lalu saring. Siap disajikan untuk hidangan berbuka yang segar dan sehat. 

2. Bakwan jagung manis

Meskipun cuaca panas, kurang lengkap rasanya jika berbuka tidak menggunakan menu yang gurih. Salah satu menu takjil gurih yang bisa Anda coba adalah bakwan jagung manis. Bagaimana resep membuat bakwan jagung manis? Berikut ini caranya: 

Bahan-bahan: jagung manis yang sudah diturunkan dari tongkolnya, tepung terigu, daun bawang secukupnya Bumbu: bawang putih, bawang merah, sedikit kemiri, sedikit garam lalu dihaluskan semuanya. 

Cara membuat: Buat adonan tepung terigu yang agak kental, campur dengan bumbu dan dau n bawang yang sudah diiris, selanjutnya goreng satu sendok-satu sendok di dalam minyak manas, sebelum dimasukkan ke dalam minyak panas, masukkan jagung ke dalam tiap sendok tersebut sesuai selera. Semakin banyak jagung rasanya akan semakin manis. Goreng hingga berwarna kuning, tiriskan dan siap disajikan dengan saus. 

3. Sup ayam kampung 

Menu sup ayam menjadi pilihan menu berbuka yang bisa Anda coba di musim panasnya Riau. Berikut ini resep sup ayam kampung yang nikmat: 

Bahan-bahan: ayam kampung dipotong cincang, wortel dipotong sesuai selera, kentang dipotong sesuai selera, daun bawang dan seledri, bawang goreng. 

Bumbu: ketumbar, kunyit, bawang putih, bawang merah, jahe, lengkuas, sereh, daun salam, garam, sedikit gula. 

Cara membuat: rebus ayam yang sudah dipotong dengan air yang seukuran dengan kuah sop yang Anda inginkan, di wadah terpisah kukus kentang dan wortel setengah matang. Setelah ayam mendidih dan masak, masukkan semua bumbu yang sudah dihaluskan. 

Jangan lupa untuk menambahkan rasa harum pada bumbu, tumiskan lebih dulu bumbu dengan sedikit minyak. Aduk rata dalam wadah rebusan ayam. 

Setelah agak mendidih, masukkan kentang dan wortel. Pastikan semua sudah masak lalu matikan api. Masukkan daun seledri dan daun bawang serta bawang goreng di atas masakan. Masukkan ke dalam mangkuk dan siap disajikan. 

 4. Capcay kangkung seafood 

Para pecinta seafood mungkin ingin menikmati makanan seafood special di waktu berbuka, berikut ini resep capcay kangkung seafood: 

Bahan-bahan: kangkung segar yang sudah dipotong menyamping, campuran seafood pilihan berupa udang, bakso ikan dan cumi-cumi, bawang bombai. 

Bumbu: bawang putih, bawang merah, jahe, kemiri sedikit dan saus tiram, garam dan sedikit gula, semua bumbu inni dihaluskan. 

Cara membuat: tumiskan semua bumbu yang dihaluskan ke dalam sedikit minyak, lalu masukkan campuran seafood. Tunggu sampai sedikit masak lalu masukkan saos tiram. 

Setelah itu masukkan kangkung dan tutup sebentar hingga kangkung berwana kehijauan. Aduk rata hingga bercampur seafood dan kangkungnya. Setelah itu masukkan bawang bombai, aduk sebentar sampai bawang terlihat sedikit matang. Angkat dan siap disajikan. 

Beberapa menu hidangan berbuka di atas bisa Anda coba dan nikmati di suasana Pekanbaru dan Riau secara umum yang cukup panas di Ramadhan tahun ini. Ingat makanlah secukupnya, untuk lebih menjaga kesehatan tubuh di suasana cuaca yang cukup ekstrim seperti sekarang ini.