Tips Mudik Lebaran Paling Lengkap

Tak lama lagi lebaran tiba. Anda tentunya telah merencanakan mudik ke kampung halaman bersama keluarga. Sebelum Anda berangkat mudik, pastikan banyak hal yang harus Anda persiapkan. Baik untuk hal yang akan Anda bawa maupun hal yang akan Anda tinggalkan. 

Sebab tahukah Anda, beberapa kasus criminal terjadi saat musim mudik tiba. Diantaranya seperti pencurian, perampokan dan sebagainya hingga kebakaran rumah yang ditinggalkan. 

Jadi Anda harus benar-benar waspada sebelum dan sesudah mudik, semuanya harus dipersiapkan dengan baik. Sebelum mudik, pastikan Anda melakukan hal-hal sebagai berikut: 

1. Memastikan kesehatan semua anggota keluarga sebelum berangkat, terutama untuk mudik antar pulau menggunakan kendaraan pribadi. 

2. Lakukan reparasi kendaraan sebelum mudik, pastikan aman hingga sampai ke tujuan. 

3. Mengganti suku cadang kendaraan yang dibutuhkan untuk diganti. Ingat, kondisi suku cadang yang tidak baik bisa jadi akan menentukan keselamatan Anda di jalan. Jangan sayang mengganti suku cadang, karena ia lebih murah dari keselamatan jiwa para penumpang kendaraan tersebut. 

4. Packing barang bawaan sesuai dengan kondisinya. Jangan sembarangan karena bisa pecah, tumpah dan rusak untuk perjalanan jarak jauh. 

 5. Persiapkan peralatan P3K untuk keperluan mudik jarak jauh. Jika perjalanan malam maka bisa mempersiapkan makanan untuk sahur dan obat-obatan yang diminum pencegah mabuk, cemilan dan sebagainya. Bisa meminum madu tanpa air untuk yang sering mabuk kendaraan. 

6. Jika Anda tinggal di kost, pastikan Anda berpamitan kepada pemilik rumah dan jangan lupa sampaikan apa saja yang Anda tinggalkan di rumah yang rentan bahaya, seperti misalnya tabung gas. Akan lebih baik jika dititipkan saja pada pemilik kost atau dikosongkan. 

7. Pastikan listrik dalam kondisi off sebelum berangkat. 

8. Kosongkan kulkas, bersihkan rice cooker, kosongkan bak mandi, bersihkan westafel dan kompor. Jangan menyimpan makanan apapun yang bersifat basah dan tidak tahan lama. 

9. Bersihkan barang-barang yang tergeletak di lantai. Pastikan saat Anda pergi, ruangan rumah dalam kondisi rapi meskipun mungkin lantai tidak disapu. 

10. Membaca doa berkendaraan sebelum berangkat, berdoalah agar perjalanan selamat, lancar dan berkah sampai ke tujuan. 

11. Untuk perjalanan mudik yang jauh dengan beberapa transit kendaraan, sebaiknya para wanita bersama teman nya atau tidak mudik sendirian karena alasan resiko keamanan yang lebih besar. resiko menggunakan kendaraan umum jauh lebih besar, oleh karena itu pastikan Anda memiliki teman perjalanan yang bisa dipercaya.

Beberapa hal yang bisa Anda lakukan sepulang dari mudik nantinya: 

1. Melakukan reparasi kendaraan yang mungkin mengalami masalah selama lebaran. 

2. Berobat ke dokter jika ada anak atau anggota keluarga yang sakit saat lebaran. 

3. Membersihkan rumah secara maksimal dan mengecek barang-barang yang Anda tinggal. 

4. Mengkonsumsi herbal-herbal preventif untuk kesehatan. Pada saat lebaran banyak orang yang makan berlebihan sehingga mensugesti berbagai penyakit seperti misalnya diabetes, stroke, darah tinggi, jantung dan sebagainya dengan kebiasaan makan yang tidak terkontrol. Oleh karena itu, sebaiknya pada saat lebaran semuanya harus dijaga dan dibatasi karena setelah lebaran kecendrungan banyak orang yang sakit. 

Selamat menikmati mudik lebaran tahun ini. satu hal yang paling penting, niatkan mudik Anda untuk bersilaturahim dengan tetangga dan keluarga agar rezeki Anda bisa bertambah setelah syawal. Bisa jadi pertemuan dengan kerabat Anda nantinya adalah awal dari rezeki yang menjanjikan untuk masa depan Anda.