Jadwal Konsultasi ke Dokter Bagi Ibu Hamil

Jadwal Konsultasi ke Dokter Bagi Ibu Hamil

Mempunyai seorang bayi memang merupakan suatu anugrah yang tak ternilai harganya dan ditunggu-tunggu kedatangannya. Tentunya semua ini berkat usaha yang keras dan doa yang tiada hentinya.

Oleh karena itu, disaat ibu sedang hamil sekalipun sangat diperlukan adanya kesadaran untuk pemeriksaan kehamilan maupun konsultasi mengenai kesehatan kepada spesialis dokter kandungan. Hal ini tentunya dapat memberikan effek positif pada ibu dan jabang bayi.

Jadwal Konsultasi ke Dokter Bagi Ibu Hamil.

Pemeriksaan kehamilan merupakan suatu proses pemeriksaan ibu hamil oleh dokter spesialis kandungan dari mulai pemeriksaan kondisi kehamilan untuk mendapatkan proses kehamilan yang optimal, hingga persiapan menghadapi persalinan.

Berikut dibawah ini mengapa pemeriksaan kehamilan itu sangat diperlukan :

  • Mempertahankan dan mengoptimalkan kondisi fisik dan mental bagi si ibu.
  • Untuk mengontrol perkembangan kehamilan agar menuju persalinan yang aman dan mudah.
  • Agar perkembangan janin dalam kandungan dapat tumbuh se optimal mungkin.
  • Mendeteksi kelainan kesehatan dan fisik bayi sedini mungkin seperti : Bayi hipertensi, bayi anemia, berat badan yang rendah, kehamilan anggur/mola hidatidosa (Kegagalan pembentukan janin dalam kandungan sehingga menjadi tumor jinak), Menutupnya jalan lahir karena ari-ari/plasenta pravia, keputihan & saluran infeksi kemih.

Idealnya jadwal pemeriksaan kesehatan bagi ibu hamil minimal adalah 4 kali selama kehamilannya. Lebih sering periksa lebih bagus.

Hal-hal yang biasa dilakukan pada pemeriksaan kehamilan dan kapan jadwal konsultasi ke dokter bagi ibu hamil :

Pemeriksaan 1: pada saat kehamilan berusia 0 sd 3 Bulan. Dalam pemeriksaan 1 ini mungkin anda hanya akan di periksa riwayat kesehatan, penentuan usia kehamilan, pemeriksaan fisik, pemeriksaan dalam seperti vagina dan leher rahim, pemeriksaan laboratorium seperti urin, darah dll.

Pemeriksaan 2: pada saat kehamilan berusia 4 sd 6 bulan. Dalam pemeriksan 2 ini anda akan ditanyai mengenai keluhan kehamilan yang muncul, pemeriksaan fisik, laboratorium, dan pemeriksaan kelainan bawaan (USG).

Pemeriksaan 3: pada saat kehamilan berusia 32 Minggu. Dalam pemeriksaan 3 ini anda akan ditanyai mengenai keluhan kehamilan, pemeriksaan fisik, pemeriksaan laboratorium,

Pemeriksaan 4: pada saat kehamilan berusia 32 sd 36 minggu. Dalam pemeriksaan 4 ini anda akan ditanyai mengenai kondisi kehamilan/keluhan-keluhan , pemeriksaan fisik, Pemeriksaan labour.

Nah biasanya jika sudah sampai pada pemeriksaan 4,maka biasanya disinilah kesempatan anda dan dokter untuk bisa didiskusikan mau persalinan yang seperti apa dan sesuai dengan kondisi ibu hamil tersebut. Apakah persalinan normal, atau persalinan sesar dan yang paling penting juga harus mempetimbangkan kantong anda.

Jika pada saat datang sesuai jadwal pemeriksaan kehamilan ternyata ditemukan kelainan atau keanehan dalam kandungan anda, mungkin anda akan segera dirujuk ke Rumah sakit terdekat untuk penanganan lebih lanjut.

Salah satu hal yang patut diingat ketika hamil sehingga kehamilan akan terasa nyaman dan tentram selain dengan melakukan pemeriksaan atau memenuhi jadwal konsultasi ke dokter bagi ibu hamil, adalah dengan merubah suasana kamar menjadi lebih nyaman. Silahkan baca di --> Tips Simpel dan Murah Merubah Suasana Kamar