Tips Membuat Artikel Viral

Apa itu artikel viral? Pernah melihat postingan di blog dengan pengunjung hingga ribuan? Atau saat sebuah link postingan artikel di share oleh ribuan orang? Tentunya setiap pemilik blog sangat menginginkan hal tersebut. Itulah yang dikatakan viral. 

Dan semua pemilik blog mungkin penasaran, bagaimana cara membuat sebuah postingan agar menjadi viral seperti itu. Ada beberapa hal penting yang harus Anda perhatikan untuk bisa membuat jenis artikel seperti ini, diantaranya adalah sebagai berikut: 

1. Pemilihan tema yang diangkat merupakan sesuatu yang sedang trend atau sesuatu yang memiliki segmentasi yang luas. Ini akan lebih mudah viral dibandingkan Anda menuliskan sesuatu yang tak menarik sesuai dengan trend waktu yang berkembang. 

2. Ditulis minimal 1000 kata, jadi panjang pendeknya artikel akan berpengaruh pada viral yang diinginkan. Meskipun panjang, namun harus disajikan dalam bentuk yang tidak membosankan. 

Misalnya dibuat dengan beberapa sub judul, tidak ditulis dalam paragraph yang panjang-panjang dan sebagainya sehingga orang nyaman dan mudah dalam membacanya. 

3. Tulisan berisi informasi seutuhnya, jadi metode menulisnya bisa dilakukan dengan merangkum semua hal-hal penting terkait tema yang Anda tulis. 

Tidak kebanyakan bertele-tele tetapi langsung konkrit pada informasi yang diinginkan. Pernah melihat tulisan di Wikipedia atau website besar lainnya? umumnya orang akan senang dengan artikel berupa kumpulan informasi yang konkrit. 

4. Apabila Anda ingin memposting tulisan yang berbentuk opini, maka pastikan sudut pandang opini Anda tersebut harus unik dan berbeda dari pandangan orang pada umumnya. 

Dengan demikian akan lebih tertarik orang untuk membacanya. Pengungkapan suatu tema dengan cara yang berbeda juga terkadang disukai banyak pengunjung. 

5. Pastikan judul unik dan menarik, namun usahakan jangan membohongi pembaca. Pembaca saat ini sudah cukup kritis, mereka bisa menilai apakah judul yang dibuat memang berdasarkan isi yang ditulis atau hanya karena ingin mengejar kebutuhan viral saja. 

Ini bisa dinilai secara bijak oleh pembaca. Jadi jangan sampai tulisan Anda selanjutnya tidak dipercaya karena Anda salah dalam membuat judul. 

6. Share atau bagikan link postingan Anda di grup atau komunitas yang tepat dan sesuai. Jika Anda menulis artikel tentang blog, maka share postingan Anda di komunitas blogger, jangan di komunitas kecantikan wanita, tentunya mereka tidak akan tertarik untuk membacanya. 

Jadi pastikan Anda memiliki koneksi dengan grup-grup, milist, atau komunitas online lainnya yang memang sesuai dengan bahan tulisan Anda. 

7. Ditulis dengan teknik SEO, akan tetapi ini tak selalunya juga terjadi. Beberapa artikel blog yang viral bahkan hanya ditulis dengan teknik menulis biasa tanpa memperhatikan kaidah SEO. Lagi-lagi bagaimana ketepatan Anda memilih pasar yang sesuai dalam menshare artikel tersebut. 

Memiliki banyak artikel viral dalam sebuah blog tentu saja akan menguntungkan bagi mereka yang mengelola blog secara komersil. Bagaimana pun kita menulis di blog tentunya bertujuan untuk dibaca orang. Jadi kalau artikel kita viral, tentunya akan sangat membahagiakan kita sebagai pemilik blog tersebut.