Video Dahsyat, Begini Saat Bongkahan Batu Es Raksasa di Kutub Runtuh ke Laut

foto: mongabay.co.id
Fotografer James Balog menemukan pemandangan dahsyat saat sedang melakukan pengambilan gambar oleh kamera yang dipasang selama bertahun-tahun di daerah di Greenland tepatnya di Lingkaran Arktik. 

Pemandangan yang terjadi mirip adegan yang sering kita lihat dalam tayangan animasi bumi di masa lalu, semisal film Ice Age. 

Di dalam tayangan ini terlihat bagaimana perubahan iklim yang terjadi saat ini benar-benar membuat bumi perlahan-lahan pada bagian kutubnya mulai mencair. Sebagai seorang fotografer alam, James sebelumnya tidak percaya dengan teori perubahan iklim yang banyak disampaikan para ilmuan. 

Namun pemandangan di depan matanya telah membuat ia berubah pikiran bahwa kenyataannya manusia benar-benar bisa merubah komposisi alam menjadi hal yang lebih membahayakan. 

Selama lebih dari 20 tahun James menentang semua itu, namun dengan menyaksikan apa yang ia lihat dalam kamera-kameranya, pemandangan dahsyat yang membuat manusia tertegun. 

Hanya dalam waktu kurang dari 1 jam 15 menit saja, Balog dan rekan-rekannya menyaksikan sepotong gletser seukuran Lower Manhattan yang jatuh ke laut dengan cepat, dahsyat, dan sangat mengerikan. 

Peristiwa yang sangat bersejarah itu dicatat dalam Guinness Book of Records. Climate change sendiri menjadi bencana geologi yang tak pernah terjadi di muka bumi sebelumnya. 

Dan yang lebih mengerikan, ini bukan lah yang terakhir, masih aka nada peristiwa dahsyat lainnya yang bisa terjadi. Kondisi cuaca panas yang kian buruk akan semakin mempercepat bencana-bencana lain bisa terjadi. Tonton video hasil tangkapan kamera James dan kawan-kawannya pada link berikut: