Wow, Kecanduan Like Instagram Sama Seperti Kecanduan Narkoba

foto: buysociallike
Sebuah penelitian terbaru mengungkapkan tentang dampak like dan komentar yang diterima para pengguna instagram ternyata hampir mirip dengan kecanduan yang terjadi di kalangan pengguna narkoba. 

Seorang yang sudah mendapatkan like dan komentar yang banyak akan terus berupaya tanpa henti meningkatkan like dan jumlah komentar yang masuk. 

Seperti kesenangan yang menimbulkan semangat dan membuat penggunanya selalu update foto untuk dikomentari dan panen like. Hal ini seperti hasil penelitian yang dilakukan oleh seorang peneliti bernama Adam Alter, Profesor dari New York University. 

Ia menjelaskan para pengguna instagram mendapatkan dampak psikologis yang kuat dari adanya like dan komentar tersebut. Sensasinya mirip seperti yang dirasakan oleh mereka yang kecanduan narkoba. 

“Saat seseorang mendapatkan like di instagramnya, ini akan memicu keluarnya hormone dopamine pada otak, yakni hormone yang bisa memicu perasaan orang menjadi senang. Hormon ini biasanya muncul saat seseorang menggunakan bahan-bahan terlarang seperti alcohol, narkoba, merokok dan sejenisnya.” Ungkap Alter yang dikutip Tekno Liputan6.com dari Business Insider, Jumat (31/3/2017). 

Lalu bagaimana jika like yang didapatkan masih rendah? Alter berpendapat, pengguna tersebut akan merasa tidak percaya diri, dan dia terus saja menanti dan berusaha untuk mendapatkan like yang banyak. 

Studi lain yang dilakukan Alter adalah, setiap pengguna umumnya ingin menampilkan sisi terbaik dari aktivitas-aktivitasnya melalui foto, oleh karena itu tak heran jika pengguna mengunggah berbagai jenis foto secara berkali-kali demi memunculkan sisi baik tersebut. 

“Para pengguna medsos khususnya instagram hanya menampilkan sisi-sisi positif dari kehidupan nyata mereka, sayangnya hal ini terkadang berdampak pada kecemburuan sosial, dimana ada juga sisi kehidupan pengguna yang lain tak sehebat yang lainnya. Hal ini jelas dapat memberikan dampak psikologis yang mendalam bagi para pengguna instagram.” Jelas Alter lagi. 

Apakah kamu sudah termasuk orang yang kecanduan like tersebut? jangan sampai memberi pengaruh buruk pada kondisi psikologismu ya.