Begini Cara Mengembalikan File Yang Terhapus dari Komputer


                                                                  foto: pc inspectory


Mungkin kamu pernah mengalami, memiliki file penting yang tak sengaja terhapus secara permanen. Atau mungkin untuk kebutuhan penyelidikan suatu masalah tertentu, kamu membutuhkan cara mengembalikan file yang hilan tersebut sebagai bukti. 


Apakah benar semua file yang terhapus tersebut memang hilang secara permanen? Jawabannya tidak. Sebuah computer sejatinya memiliki system yang menampung berbagai hasil remove yang dilakukan oleh computer. 

Lalu bagaimana cara mengembalikannya? Berikut ini beberapa langkahnya: 

1. Gunakan aplikasi PC Inspector File Recovery, ini merupakan aplikasi yang mudah dan gratis. Kamu bisa mendownloadnya secara gratis di internet. 

2. Setelah download dan install, jalankan aplikasi tersebut, maka kamu akan disuguhi beberapa pilihan, diantaranya Recover deleted files, Find lost data dan Find lost drive". Pilih lah yang recover deleted files. 

3. Selanjutnya akan muncul macam-macam drive yang bisa kamu pilih, sesuaikan dengan jenis tempat file terhapusnya, lalu klik tanda centang hijau yang ada di bagian bawah aplikasi. 

4. Tunggu proses scanning yang sedang berlangsung, biasanya tergantung ukuran file yang akan kamu kembalikan. Akan muncul laporan status, jika dikatakan good, artinya file ini bisa dikembalikan dengan baik. 

5. Selanjutnya pilih jenis file yang ingin kamu restore, klik kanan lalu tekan tombol save as to dan pilih tempat penampungan recovery file tersebut. 

6. Setelah itu biarkan proses restore berjalan, biasanya tergantung pada ukuran file yang akan direcovery. 

Sebenarnya masih banyak jenis software yang bisa kamu gunakan untuk mengembalikan file yang terhapus di computer, namun saat ini, PC Inspector File Recovery dianggap cukup sesuai. Selain mudah dijalankan, software ini juga bisa kamu download dengan mudah dan gratis.