5 Tips Google PlayStore yang Jarang Diketahui Orang

 foto: androidpit.com

Meskipun sudah cukup lama mendownload banyak aplikasi dari google play store, masih banyak yang belum tau apa saja yang bisa kamu lakukan pada layanan ini. 

Padahal ada banyak hal penting dari layanan ini yang patut kamu ketahui, berikut ini diantaranya yang dikutip dari laman Android Pit, Senin (27/2/2017): 

1. Mengunduh aplikasi di luar wilayah 

Pernahkah kamu merasa kesulitan mengunduh aplikasi tertentu di palystore? Bisa jadi penyebabnya karena wilayah pengunduhan aplikasi tersebut dibatasi. Kamu berada di luar area tersebut. Lalu bagaimana caranya? Gunakan layanan Virtual Private Network (VPN). Gunanya untuk menyembunyikan posisi dimana kamu berada. Jadi seolah-olah kamu bisa mengakses internet dari daerah lain. 

2. Kolom 'My Apps & Games' 

Kolom ini diketahui oleh semua pengguna android, namun jarang yang memanfaatkannya. Dari kolom ini kamu bisa melihat dengan mudah aplikasi apa saja yang sudah terpasang di ponselmu. Selain itu juga tersedia layanan update pembaharuan aplikasi secara otomatis. Dengan mudah melalui kolom ini kamu bisa memperbaharuinya kapan saja. 

3. Parental Lock di Google Play Store 

Untuk melindungi anak-anak yang suka mengunduh aplikasi yang belum pantas untuknya, kamu bisa menggunakan setting Parental Lock di Google Play Store. Caranya, buka kolom setting, lalu aktifkan fitur ini. sebelumnya kamu akan diminta mengisi PIN. Dan PIN itu harus diisikan setiap kali akan mengunduh aplikasi yang tak pantas untuk anak. 

4. Sistem refund untuk pembelian 

Mungkin kamu menyesal membeli aplikasi tertentu yang cukup mahal, maka kamu bisa menggunakan layanan refund yang disediakan google. Namun demikian, refund ini hanya berlaku 2 jam setelah masa pembelian. 

5. Indie Corner 

Kalau kamu bosan dengan game yang disediakan para pengembang besar, tak ada salahnya kamu coba melihat game yang ditawarkan indie corner. Caranya cukup memasukkan kata Indie Corner pada kolom pencarian, kamu bisa menemukan daftar game indie yang dibuat banyak orang. Daftarnya biasanya akan diperbaharui setiap bulan. 

Nah, cukup menarik bukan penggunaan google playstore tersebut? coba otak-atik lagi untuk menghilangkan kebosananmu memegang smarphone.