Lembah Harau, Keindahan Alam Nagari Minang

Membahas wisata di Sumatra Barat memang tidak pernah ada habisnya. Di wilayah yang ber-Ibukota Padang ini memang menyajikan pesona alam yang begitu indah. Nah kali ini Anda akan diajak berwisata ke Lembah Harau yang mempunyai keindahan alam yang tidak kalah indah dengan objek wisata Sumatra Barat lainnya.

Pemerintah Daerah menjadikan Lembah Harau sebagai cagar alam dengan luas mencapai 669 hektar. Tim geologi asal Jerman yang melakukan survey tahun 1980 menemukan bahwa  jenis batuan yang ditemukan di daerah ini identik dengan yang ditemukan di dasar laut berupa batuan breksi dan konglomerat. Memang menurut legenda masyarakat mengatakan  bahwa Lembah Harau dulunya adalah laut.

Lembah yang diapit oleh tebing granit dengan ketinggian lebih kurang 200 meter ini terletak di Nagari Harau, Kecamatan Harau, Kabupaten Lima Puluh Koto, Propinsi Sumatera Barat. Wilayah lembah terdiri dari 3 (tiga) kawasan wisata yakni Aka Barayu, Sarasah Bunta, dan Rimbo Piobang.

Di kawasan Aka Barayun, Anda akan menemukan keindahan air terjun yang dilengkapi kolam untuk berenang. Dikawasan ini juga terdapat tebing-tebing menjulang tinggi yang menjadi surga bagi para pemanjat tebing. Kecuraman tebing di tempat ini mencapai 90 derajat.  Kawasan lain yakni Sasarah Bunta terletak disebelah timur kawasan Aka Berayun, disini terdapat empat air terjun antara lain Aie Luluih, Bunta, Murai dan Aie Angek. Setiap air terjunnya memiliki ketianggian berbeda-beda antara 50-90 meter. Sedangkan di kawasan Rimbo Piobang sampai akhir tahun 2008 belum berkembang karena direncanakan untuk Taman Safari.

Dikawasan lembah ini Anda juga bisa menikmati keindahan alam lain seperti  jurang/celah alam tebing dan beberapa gua. Hewan-hewan yang dilindungi juga bisa Anda lihat seperti Monyet Ekor Panjang, Siamang, Harimau Sumatera, Beruang, Tapir, Landak, Burung Kuau, dan yang lain.

Lembah ini berbeda dengan lembah yang lain, keunikan tersebut adalah Lembah Echo yang merupakan satu-satunya tempat di dunia yang menghasilkan gema sempurna. Cobalah berteriak di lembah ini, tidak lama berselang teriakan Anda akan disusul oleh gema sempurna sebanyak 7 kali.

Cukup mudah akses menuju Lembah Harau.   Jika ditempuh dari kota Padang ditempuh dengan jarak ± 138 Km, sementara dari Bukit Tinggi berjarak sekitar47 Km.  Anda dapat menempuhnya dengan menggunakan kendaraan pribadi atau angkutan  umum. Jalan menuju ke sana pun sudah beraspal rata dan bagus. Di sepanjang perjalanan menuju Harau mata Anda dipastikan akan terkagum-kagum dengan ciptaan Tuhan yang sangat Indah indah ini. Wilayah sekitar lembah masih hijau dan udaranya masih sangat segar.

Bagi Anda yang berniat lama menikmati keindahan alam di sana, bisa menginap di hotel-hotel sekitar lembah dengan harga mulai dari Rp 50.000,- hingga Rp 2 juta per malamnya. Bagi para peminat olah raga panjat tebing, disediakan pemandau yang akan membimbing untuk melakukan olah raga tersebut.

Para pejajan berjejer disekitar lembah menawarkan makanan dan minuman menemani Anda bersantai. Di sana juga tersedia fasilitas rekreasi seperti kolam pemandian, tempat berkemah, dan jlan setapak untuk hiking keliling kawasan. Pengunjung juga bisa menggunakan jasa tenaga guide yang yang dibayar harian menemani perjalanan. 

Bagi Anda yang ingin membawa buah tangan dari Harau jangan kuatir.  Pasalnya disini menjual berbagai pernak pernik khas Harau dan khas Sumatra Barat. Jadi, sudah siap kah Anda  untuk menikmati keindahan Lembah Harau?