Pantai Sanur Bali


Sejarah Pantai Sanur Bali
Pantai Sanur Bali merupakan salah satu objek wisata pantai yang cukup terkenal di Pulau Bali. Pantai Sanur dikenal sebagai lawan dari Pantai Kuta. Jika Pantai Kuta dikenal dengan keindahan sunset atau matahari terbenam, maka Pantai Sanur Bali dikenal sebagai pantai yang sangat indah pesona sunrise atau matahari terbitnya.

Dalam sejarah Bali kuno, Pantai Sanur telah dikenal sebagai pantai yang indah, hal itu nampak dalam Prasasti Raja Kasari Warmadewa, seorang raja yang berkeraton di Singhadwala pada tahun 917 M. Sekarang, prasasti tersebut terdapat di daerah Blanjong, bagian selatan Pantai Sanur. Pada masa kolonial Belanda, Pantai Sanur terkenal sebagai lokasi pendaratan bala tentara Belanda ketika akan menyerang Kerajaan Badung yang dianggap membangkang pada pemerintah kolonial. Perang yang terjadi pada tanggal 18 November 1906 itu kemudian dikenal sebagai Puputan Badung, yaitu semangat perang sampai mati yang dipraktekkan oleh Raja Badung dan pengikut-pengikutnya.

Pantai Sanur mulai dikenalkan ke dunia internasional oleh A. J. Le Mayeur, seorang pelukis dari Belgia yang datang ke Bali pada tahun 1932. Melihat daya tarik Pantai Sanur yang sangat indah, maka Le Mayeur memutuskan untuk menetap di Sanur dengan mendirikan sanggar melukis. Le Mayeur kemudian menikah dengan gadis Bali bernama Ni Nyoman Pollok, seorang penari Legong yang terkenal dan merupakan salah satu model lukisannya. Melalui lukisan Le Mayeur, Pantai Sanur mulai dikenal oleh dunia internasional. Saat ini, sanggar lukis tersebut telah menjadi Museum Le Mayeur dan dapat dikunjungi oleh publik. Museum Le Mayeur berada dalam area wisata Pantai Sanur.

Letak Pantai Sanur Bali
Pantai Sanur terletak di Desa Sanur, Kecamatan Denpasar, Kota Denpasar, Provinsi Bali. Pantai Sanur berjarak sekitar 6 km dari pusat kota Denpasar dan dapat dicapai dengan kendaraan pribadi seperti mobil atau sepeda motor. Jika ingin menggunakan kendaran umum (bemo), wisatawan tak perlu khawatir karena kendaraan umum sangat ramai mondar-mandir antara Sanur-Denpasar. Jadi pantai ini sangat mudah ditempuh baik dengan menggunakan angkutan umum atau kendaraan pribadi. Kawasan Sanur merupakan lokasi pengembangan wisata di Bali, jadi pengunjung akan sangat mudah menemukan aneka fasilitas penginapan di kawasan ini, mulai dari hotel berbintang hingga penginapan murah yang harganya cukup ekonomis.

Keindahan Pantai Sanur Bali
Pantai Sanur Bali selain dikenal dengan pesona sunrise-nya, juga memiliki pemandangan dan warna pasir yang sebagian berwarna putih eksotik. Sepanjang pantai Bali ini menjadi tempat yang pas untuk melihat Matahari terbit. Apalagi sekarang sudah dibangun semacam sanderan yang berisi pondok-pondok mungil yang bisa dijadikan tempat duduk-duduk menunggu Matahari terbit. Selain itu, ombak di pantai ini relatif lebih tenang sehingga sangat cocok untuk ajang rekreasi pantai anak-anak dan tidak berbahaya. Selain itu, pengunjung bisa melihat Matahari terbit dengan berenang di pantai. Dilengkapi dengan pohon pelindung, pengunjung bisa duduk-duduk sambil menikmati jagung bakar ataupun lumpia yang banyak dijajakan pedagang kaki lima.

Di sepanjang lokasi wisata pantai Pulau Bali yang satu ini telah dilengkapi dengan aneka fasilitas penunjang wisata seperti hotel, restoran ataupun kafe-kafe kecil serta art shop. Salah satu hotel tertua di Pulau Bali dibangun di pantai ini. Hotel tersebut bernama Ina Grand Bali Beach yang terletak persis di tepi pantai. Selain itu, sepanjang garis pantai juga dibangun semacam area pejalan kaki yang seringkali digunakan sebagai jalur jogging oleh wisatawan ataupun masyarakat lokal. Jalur ini terbentang ke arah selatan melewati pantai Shindu, pantai Karang hingga Semawang sehingga wisatawan bisa berolahraga sekaligus menikmati pemandangan pantai di pagi hari.

Terdapat aneka fasilitas yang bisa Anda temukan di kawasan Sanur Bali, beberapa diantaranya adalah sebagai berikut:
1. Aneka hotel dan penginapan dengan harga yang bervariasi
2. Kios barang kesenian dan Art Shop
3. Akomodasi dan restoran
4. Beberapa pondok-pondok mungil yang bisa dijadikan tempat duduk-duduk menunggu matahari terbit.
5. Tempat untuk melakukan olahraga permainan air berupa surfing.

Masih banyak lagi aneka fasilitas lengkap di kawasan ini yang semunya disediakan untuk memudahkan para pengunjung menikmati keindahan Pantai Sanur Bali.